Liga Indonesia

PSM Makassar Kerap Latihan Berat, Darije Kalezic Ungkap Alasannya

Senin, 8 April 2019 12:15 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Yohanes Ishak
© PSM Makassar
Penggawa PSM Makassar melakukan latihan di dalam ruangan. Copyright: © PSM Makassar
Penggawa PSM Makassar melakukan latihan di dalam ruangan.

INDOSPORT.COM - Semenjak resmi menukangi PSM Makassar, Darije Kalezic kerap memberikan porsi latihan yang berat karena ingin timnya memiliki fisik yang prima.

Menurutnya para pemain PSM Makassar sangat memerlukan memiliki fisik yang prima agar bisa klop dengan taktik dan strategi yang ia terapkan. Hanya saja ia tak menyangkal jika latihan itu cukup berat.

"Banyak pemain yang kesulitan dengan latihan ini. Tapi tujuan saya adalah untuk melihat pemain tetap berada dalam kondisi bugar dan fit dari menit awal sampai menit akhir," ujar pelatih yang pernah membawa klub Belanda De Graafschap promosi ke Eredivisie tersebut.

Darije menjelaskan lebih jauh, bahwa latihan dengan intensitas yang tinggi dapat mengasah fisik pemain agar terbiasa bermain spartan dari menit awal hingga akhir. Untuk itu dirinya berharap agar para pemain bisa beradaptasi terutama para pemain muda.

"Semua aksi yang kita lakukan dalam menit pertama harus sama tenaganya saat menit-menit terakhir. Ini membutuhkan proses dan terutama untuk pemain muda," ujarnya.

Pelatih berusia 49 tahun ini juga menegaskan bahwa tujuannya tidak lebih dari pada bagaimana tim Juku Eja bisa tampil konsisten sepanjang 90 menit.

"Saya mau membangun kondisi tim di mana kualitas aksi pemain pada menit ke-5 itu sama kekuatannya saat menit ke-85. Itu keinginan saya," jelasnya.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM