x

Mengenal Super Bowl: Piala Dunia-nya Orang Amerika

Senin, 4 Februari 2019 15:05 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Super Bowl

INDOSPORT.COMAmerican Football atau yang dikenal rugby menjadi perbincangan hangat di dunia olahraga. Pasalnya, olahraga paling popular di Amerika tersebut baru saja menyelesaikan partai final.

Super Bowl LIII menjadi tajuk pertandingan final tersebut. New England Patriots kembali menjadi klub yang berhasil memenangkan pertandingan kontra Los Angeles Rams dengan skor 13-3 di Super Bowl LIII.

Seperti yang diketahui, New England Patriots merupakan tim yang paling sering bermain di Super Bowl. Tercatat, New England Patriots tampil sebanyak 11 kali di partai puncak American Football.

Baca Juga

New England Patriots berhasil menorhekan persantase kemenangan sebesar 54.5 persen ketika bermain di Super Bowl. Mereka berhasil meraih enam kemenangan dan lima kekalahan sepanjang sejarah Super Bowl.

Terlepas dari itu, INDOSPORT kali ini mencoba untuk membahas sedikit sejarah Super Bowl, yang merupakan Piala Dunia-nya orang Amerika.


1. Sejarah Singkat Super Bowl

Ilustrasi Super Bowl.

Super Bowl merupakan pertarungan final American Football yang selalu dilangsungkan di setiap akhir musim Nation Football League (NFL) Amerika Serikat. Super Bowl ini mempertemukan dua tim terbaik dari masing-masing divisi untuk memperebutkan Piala Vince Lombardi.

Pertandingan puncak American Football ini pertama kali diselenggarakan pada 15 Januari 1967 silam. Itu dilangsungkan sebagai bagian dari perjanjian penggabungan antara NFL dan liga saingannya, yakni American Football League (AFL).

Setelah dua liga itu digabung, Super Bowl diubah menjadi pertandingan perebutan gelar juara NFL. Pertandingan Super Bowl itu pun saat ini selalu digelar pada bulan Februari.

Berbeda dengan pertandingan-pertandingan penting sepak bola, Super Bowl sendiri menghadirkan sensasi tersendiri. Warga Amerika tak hanya menantikan kedua tim bertanding, tetapi juga ingin menyaksikan atraksi panggung hiburan yang glamor.

Pada Super Bwol LIII yang dilangsungkan pada Minggu (03/02/19) waktu setempat, Maroon 5 pun menjadi grup musik yang memeriahkan pertarungan puncak tersebut. Mereka tampil saat jeda pertengahan babak.


2. Pemenang Terbanyak di Super Bowl

Rob Gronkowski (depan) tengah menangkap bola

Setelah berhasil mengalahkan Los Angeles Rams di Super Bowl edisi LIII, New England Patriots pun menjadi klub yang paling banyak menorehkan kemenangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, New England Patriots berhasil mengantongi enam kemenangan.

Namun nyatanya tak hanya New England Patriots sendiri yang mampu meraih enam gelar di ajang Super Bowl. Selain mereka, Pittsburgh Steelers juga berhasil meraih kemenangan enam kali dalam delapan kesempatannya di ajang tersebut.

Dallas Cowboys dan San Francisco 49ers masing-masing memiliki lima kemenangan, sedangkan Green Bay Packers dan New York Giants memiliki empat kejuaraan sepanjang sejarah Super Bowl.

Sedangkan, Green Bay Packers menjadi klub pertama yang berhasil menorehkan kemenangan di ajang Super Bowl. Hebatnya, Green Bay Packers berhasil memenangkan dua kemenangan beruntun di ajang Super Bowl pada tahun 1960-an.


3. Super Bowl vs Piala Dunia

Mesut Ozil dengan trofi Piala Dunia 2014 lalu.

Secara keseluruhan, Super Bowl memiliki jumlah penonton yang sedikit jika dibandingkan dengan Piala Dunia. Karena Super Bowl hanya mampu menyita perhatian pecinta olahraga di Amerika Serikat.

Sedangkan, ajang Piala Dunia mampu membuat mata seluruh dunia tertuju pada turnamen yang selalu digelar setiap empat tahun sekali. Sebut saja pada final Piala Dunia 2014, ajang tersebut mampu menciptakan lebih dari satu miliar.

Sebagai perbandingan, Super Bowl yang paling banyak ditonton adalah pertandingan 2015 antara New England Patriots vs Seattle Seahawks. Game itu menarik 114,4 juta pemirsa di AS, dan diperkirakan 30-50 juta secara internasional.

Baca Juga

Jumlah penonton yang besar di Piala Dunia dan Super Bowl masing-masing membawa pundi-pundi FIFA dan NFL. FIFA telah menghasilkan keuntungan mendekati $ 5 juta (Rp69 triliun) dari dua Piala Dunia terakhir yang digabungkan. Hak TV untuk Piala Dunia 2014 melampaui semua pengeluaran FIFA.

Sedangkan Super Bowl menyumbang sekitar $ 620 juta (Rp8 triliun) dari pendapatan NFL. Angka itu membuat NFL menjadi penghasil pendapatan terkemuka di antara semua liga olahraga profesional.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

New England PatriotsAmerican FootballTRIVIA

Berita Terkini