Mengenal Jenis Senjata dan Manfaat Olahraga Anggar

Selasa, 25 April 2023 20:00 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© PB IKASI
Anggar merupakan salah satu jenis olahraga yang memacu adrenalin dengan mengandalkan senjata dan teknik ketangkasan. Copyright: © PB IKASI
Anggar merupakan salah satu jenis olahraga yang memacu adrenalin dengan mengandalkan senjata dan teknik ketangkasan.

INDOSPORT.COM – Anggar merupakan salah satu jenis olahraga yang memacu adrenalin dengan mengandalkan senjata dan teknik ketangkasan.

Olahraga anggar juga sudah mewakili Indonesia dalam beberapa kejuaraan Internasional dan mencetak atlet Tanah Air berprestasi.

Namun rupanya masih banyak yang belum mengetahui terkait jenis senjata yang digunakan untuk melakukan olahraga anggar.

Kepada tim INDOSPORT, mantan atlet Anggar yang pernah mewakili Indonesia di Asian Games 2018 dan Thailand Open 2018, Aisyah Elizabeth, mengungkap jenis senjata dari olahraga anggar.

“Dalam olahraga anggar biasanya menggunakan tiga jenis senjata yaitu Epee, Foil dan Sabre. Setiap senjata memiliki peraturan dalam permainannya,” kata Aisyah Elizabeth.

Foil merupakan pedang anggar terkecil dan teringan yang biasanya digunakan untuk para pemula. Umumnya, target menggunakan Foil adalah untuk menyerang bagian atas tubuh, kecuali lengan dan leher.

Pada bagian ujung pedang, tersemat tombol berpegas yang nantinya bakal memberi sinyal pada mesin pencatat skor lewat kabel yang terpasang di badan pemain.

Sementara Epee, merupakan pedang untuk melakukan olahraga anggar yang bentuknya lebih besar, lebar, tebal dan lebih berat dari Foil.

Dengan menggunakan senjata Epee, biasanya para atlet anggar menyasar bagian tubuh lawan dari kepala sampai ujung kaki dan seluruh lengan.

Jenis senjata Epee juga dikenal memiliki banderol harga yang lebih mahal dari foil dan sabre.

Sementara itu untuk sabre, jenis senjata ini berbentuk pipih dan tidak runcing, pelindung tangannya menutupi seluruh tangan sampai pangkal tangkai.

Cara menggunakan senjata sabre biasanya dengan gerakan mengayun atau mengiris lawan. Biasanya para atlet anggar menggunakan sabre untuk menyerang bagian tubuh lawan seperti panggul sampai kepala serta seluruh tangan.