Ask the Expert

Terkuak, Ini Rahasia Indonesia Berjaya di Cabang Angkat Besi

Jumat, 15 April 2016 11:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lifter putra Indonesia Eko Yuli Irawan peraih medali perunggu di kelas 62 kg putra Olimpiade 2012. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lifter putra Indonesia Eko Yuli Irawan peraih medali perunggu di kelas 62 kg putra Olimpiade 2012.

Meski kalah tenar dibandingkan cabang olahraga lain seperti sepakbola, basket maupun bulutangkis, prestasi angkat besi Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan medali olimpiade pun berhasil disumbangkan, suatu hal yang tidak pernah diraih di bidang sepakbola.

Eko Yuli Irawan dan Triyatno adalah atlet yang pernah mengibarkan Merah Putih di ajang multieven terbesar di dunia, Olimpiade. Menilik dari prestasi tersebut, cabor angkat besi rupanya tidak pernah main-main dalam hal mempersiapkan pembinaan atletnya. Tak tanggung-tanggung pihak PB PABBSI mendatangkan pelatih yang sudah dikenal di dunia internasional.

Pelibatan teknologi, sport science, nutrisi dan tempat latihan yang nyaman menjadi landasan penting cabor angkat besi untuk bisa meraih medali di Olimpiade. Berikut INDOSPORT mengupas faktor-faktor pendukung tersebut berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang Angkat Besi, Alamsyah Wijaya :

61