Komunitas Sehat

Olahraga Angkat Beban Ternyata Bisa Tingkatkan Kekuatan dan Kinerja Otak

Rabu, 23 Januari 2019 16:56 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Maria Selena
Maria Selena melakukan olahraga angkat beban berat 5 kg. Copyright: © Maria Selena
Maria Selena melakukan olahraga angkat beban berat 5 kg.

INDOSPORT.COM – Menurut sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa olahraga angkat beban dapat meningkatkan kekuatan dan kinerja otak dan juga membuat hidup lebih terasa positif.

Menurut data yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Research, latihan kekuatan memaksimalkan fungsi kognitif dan eksekutif dalam otak manusia.

Fungsi kognitif mengacu pada kecerdasan, pembelajaran, dan penyelesaian masalah. Sementara fungsi eksekutif berkaitan dengan kemauan dan motivasi seseorang.

Temuan ini dibuat setelah para ilmuwan menggabungkan 24 studi besar, semua yang berkaitan dengan latihan kekuatan dan fungsi otak. Ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa mengangkat beban memberikan manfaat yang meningkatkan kinerja otak.

Olahraga sederhana lainnya yang bisa meningkatkan kekuatan otak ialah Squat. Latihan kaki memiliki dampak yang sangat signifikan pada isi kepala anda, dilansir dari Joe Sport.

© Mens Health
Gerakkan Jump Squat. Copyright: Mens HealthGerakkan Jump Squat.

Penelitian menemukan latihan kaki mendorong pelepasan sinyal neurologis yang vital untuk memproduksi sel-sel otak baru yang sehat dan dapat memengaruhi produksi sel tersebut.

Semakin efisien tubuh Anda dalam memproduksi sel-sel saraf, semakin baik kemampuan untuk beradaptasi dengan tekanan mental dan fisik.

Ini berarti Anda akan dapat berolahraga dengan intensitas yang lebih besar untuk waktu yang lebih lama, ditambah keterampilan Anda dalam memecahkan masalah lebih mudah.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Tips dan Trik Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%