Gagal Raih Medali Emas SEA Games 2019, Atlet Angkat Besi Indonesia Pensiun

Minggu, 1 Desember 2019 21:20 WIB
Penulis: Ronald Seger Prabowo, Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Antara Photo/Official Asian Games 2018
Gagal raih medali emas SEA Games 2019, atlet angkat besi Indonesia, Surahmat Wijoyo nyatakan pensiun dari kompetisi internasional. Copyright: © Antara Photo/Official Asian Games 2018
Gagal raih medali emas SEA Games 2019, atlet angkat besi Indonesia, Surahmat Wijoyo nyatakan pensiun dari kompetisi internasional.

INDOSPORT.COM - Indonesia gagal meraih medali emas dari cabang olahraga angkat besi SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Surahmat Wijoyo, atlet asal Aceh itu hanya meraih medali perunggu dan menyatakan pensiun dari kompetisi internasional.

Sebagaimana diketahui, Surahmat Wijoyo sukses meraih medali perunggu di hari kedua hajatan SEA Games 2019. Ia turun di nomor 55 kg putra, dan sempat kesulitan mengangkat beban seberat 144 kg.

Padahal, Surahmat mengaku sudah mematok target medali emas di SEA Games 2019, berbekal pengalamannya di kompetisi internasional hingga kini berusia 31 tahun. Namun, kendala teknis dan penurunan performa membuat  ia harus puas meraih medali perunggu.

“Saya kecewa karena hasilnya dapat perunggu. Targetnya medali perak atau emas, tapi dapatnya perunggu. Bisa jadi usia, karena mungkin dari usia, kecepatan berkurang, apalagi power,” kata Surahmat kepada redaksi berita olahraga redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (1/12/19).

Seiring dengan perasaan kecewa itu, Surahmat Wijoyo akhirnya menyatakan akan pensiun dari turnamen angkat beban di level internasional. Ada tujuan mulia yang ia lakukan di balik keputusan besarnya tersebut, yakni demi regenerasi atlet muda Indonesia.

““Mungkin ini yang terakhir untuk SEA Games, habis itu pensiun. Sudah tua soalnya, paling tua sendiri saya di sini. Level nasional mungkin masih (bermain), kalau level luar negeri sudah cukup. Saya mau memberikan kesempatan kepada yang lain,” tegas Surahmat.

Di sepanjang kariernya, Surahmat Wijoyo telah meraih medali perunggu Asian Games 2018, serta meraih medali perak di Universaide 2011 dan SEA Games 2017. Ia juga meraih medali emas di Islamic Solidarity Games 2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%