Miris! Panitia SEA Games 2019 Tak Siap, Prosesi Medali Angkat Berat Tanpa Pengibaran Bendera

Minggu, 1 Desember 2019 16:04 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Insiden kurang mengenakkan terjadi di cabor angkat berat SEA Games 2019 di Ninoy Aquino Stadium, Manila, Filipina Minggu (01/12/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Insiden kurang mengenakkan terjadi di cabor angkat berat SEA Games 2019 di Ninoy Aquino Stadium, Manila, Filipina Minggu (01/12/19).

INDOSPORT.COM - Insiden kurang mengenakkan terjadi di cabor angkat berat SEA Games 2019 di Ninoy Aquino Stadium, Manila, Filipina Minggu (01/12/19).

Adalah masalah yang terjadi yakni tidak adanya pengibaran bendera usai penyerahan medali pascaperlombaan di nomor 45 kilogram putri.

Awalnya, prosesi pemberian medali SEA Games 2019 cabor angkat berat berlangsung lancar. Dimulai dari atlet filipina Diaz Mary Flor yang meraih medali perunggu, lalu Lisa Setiawati (Indonesia/perak), dan sang juara sekaligus peraih medali emas lifter asal Vietnam, Thi Huyen Voung.

Lalu setelah mendapat medali dan maskot, ketiganya bersama dengan match commisioner SEA Games 2019 berfoto bersama. Proses selanjutnya sejatinya adalah pengibaran bendera diikuti lagu kebangsaan Vietnam.

Namun, tiga atlet yang sudah siap untuk menghadap tiang bendera justru dikejutkan dengan ketidaksiapan panitia. Tidak ada tiga bendera yang terpasang di tiang.

Panitia sendiri sempat memberikan arahan kepada para penonton di bawah tiang bendera untuk berpindah tempat. Namun karena tak juga siap, Thi Nguyen hanya melihat papan elektronik hasil perlombaan yang disaksikan Lisa dan Diaz Mary.

Lisa sendiri memang harus puas meraih perak dengan total angkat 169kg (Snatch 73kg, Clean and Jerk 96kg).

Medali emas direbut Thi Huyen Voung dengan total angkatan 172kg (Snatch 77kg, Clean and Jerk 95kg) dan medali perunggu jatuh ke tangan lifter Filipina, Diaz Mary Flor dengan total angkatan 159kg (Snatch 70kg, Clean and Jerk 89kg).