Sebelum Olimpiade Tokyo, Hidilyn Diaz Hidup Penuh Toleransi di Malaysia

Selasa, 3 Agustus 2021 15:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Edgard Garrido
Hidilyn Diaz meraih medali emas untuk Filipina di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © REUTERS/Edgard Garrido
Hidilyn Diaz meraih medali emas untuk Filipina di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Sebelum meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, lifter putri Filipina yakni Hidilyn Diaz pernah tinggal di sebuah kampung di Malaysia.

Di sana, ia menghabiskan waktu bersama penduduk sekitar sembari berlatih dengan tekun agar bisa jadi juara.

Berada di tempat asing tentu membuat seseorang harus beradaptasi dengan baik agar bisa hidup tenang dan bahagia. Hal itu pula yang dilakukan Hidilyn Diaz ketika sempat tinggal di Jasin, Melaka, Malaysia.

Seperti dikisahkan di laman South China Morning Post, peraih medali emas Asian Games 2018 ini telah menjadi role model bagi orang-orang sekitarnya di Jasin, termasuk anak-anak pemilik rumah yang ia tinggali.

Adalah Ahmad Janius Abdullah, seorang staf resmi angkat besi Malaysia, yang mengizinkan Hidilyn Diaz menginap di kediamannya, bahkan membuatkan sang atlet tempat latihan di halaman belakang rumah.

Selama tinggal di sana, Diaz berhubungan baik dengan warga dan para penghuni rumah yang selalu menjamunya dengan penuh kekeluargaan.

Ia juga melakukan aktivitas-aktivitas yang mungkin jarang dilakukan masyarakat kota sehari-harinya seperti memancing di danau dan pergi mengeksplorasi hutan, bahkan beberapa kali berjumpa ular berbisa.

Ahmad Janius Abdullah pun sangat senang dengan kunjungan Diaz. Menurutnya, kehadiran sang atlet menambah kehangatan dalam keluarganya.

“Dia adalah contoh bagi anak-anak saya, yang belajar banyak darinya. Mereka melihatnya berdoa sebelum makan,” ucap Janius.

“Meskipun kami tumbuh dengan ritual ini, kami masih sering lupa. Anak-anak saya kemudian jadi ingat karena melihat dia, dan itu membuat saya senang,” tambahnya lagi.

Meski berbeda keyakinan dan kultur, Hidilyn Diaz hidup dengan penuh toleransi dan saling menghormati ketika berada di Malaysia.