x

Perbasi Kirim 20 Pebasket Indonesia ke Amerika Serikat untuk Persiapan SEA Games 2023

Jumat, 7 Oktober 2022 12:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Pebasi telah mengirimkan 20 pebasket Indonesia untuk melakoni pemusatan latihan demi mempersiapkan diri di ajang SEA Games 2023. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COMPerbasi telah mengirimkan 20 pebasket Indonesia untuk melakoni pemusatan latihan demi mempersiapkan diri di ajang SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui saat ini negara-negara Asia Tenggara tengah getol mempersiapkan diri untuk berpartisipasi di ajang SEA Games 2023.

Baca Juga

Ajang SEA Games 2023 sendiri digelar di Phnom Penh, Kamboja pada 5 Mei-17 Mei 2023 mendatang.

Salah satunya Indonesia, di mana sejumlah cabang olahraga sudah mulai melakukan beberapa persiapan untuk pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Perbasi contohnya, yang mengirimkan sebanyak 20 pemain basket muda ke Las Vegas Amerika Serikat untuk menjalani pemusatan latihan sebagai bagian dari persiapan menghadapi SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga

Nirmala Dewi selaku Sekjen PP Perbasi mengatakan dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (6/10/22), pemain muda terpilih tersebut bakal menjalani pemusatan latihan di Negeri Paman Sam mulai Jumat (7/10) hingga 11 November.

"Di SEA Games Hanoi lalu kita dapat emas. Dengan capaian itu pasti membuat negara lain tertantang mengejar Indonesia,” kata Nirmala Dewi, dilansir dari Antara.

“Apalagi kami sadari bahwa mempertahankan itu tidak akan semudah ketika meraih. Karena itu, persiapan maksimal kita lakukan agar bisa pertahankan apa yang sudah kita raih dan bawa bangga Indonesia," tambahnya.

Baca Juga

Pemusatan latihan yang akan dikonsentrasikan di Impact Basketball adalah rangkaian program setelah para pemain Timnas Indonesia berlatih di GBK Arena sejak 12 September lalu.

Selama di Jakarta, pelatih melihat potensi 75 pemain yang dipanggil dalam tiga gelombang untuk persiapan jelang SEA Games 2023.


1. Tim Akan Turun di IBL Indonesia 2023

pemain Timnas Indonesia. Foto: fiba.basketball

PP Perbasi sengaja mengirim pemain muda ke Amerika untuk menguatkan kemampuan individual dan kerja sama tim. Harapannya, mereka bisa mengejar level para senior ketika disatukan dalam tim dalam SEA Games Kamboja.

"Kita berharap di Amerika menjadi lebih bagus dan berkompetisi dengan pemain basket yang di Impact, bukan hanya yang ada di timna,” ucap Ali Bagir Al Haddar selaku salah satu pemain Timnas Basket Indonesia.

Baca Juga

“Jadi saat di sini (kembali ke Indonesia) kita bisa lebih bagus dari sebelumnya. Mudah-mudahan target SEA Games tercapai," tambahnya.

Danny Kosasih selaku Ketua Perbasi mengatakan nantinya sekembalinya di Indonesia, tim akan diturunkan dulu di IBL Indonesia tahun depan.

Mereka akan berjuang di bawah bendera Indonesia Patriots. Namun jika ada pemain yang dibutuhkan klub, dipersilakan bergabung dengan klub pada IBL nanti.

"Jadi nanti kita akan memiliki dua tim Indonesia Patriots. Yang satu main di IBL dan satu lagi bersaing di kompetisi kelompok umur 19-23 tahun,” ucap Danny Kosasih.

Baca Juga

“Dengan memperbanyak jam terbang untuk pemain muda, harapan kami mereka bisa matang pada waktunya," tukasnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 20 nama pemain muda yang dikirim ke Amerika Serikat:


2. Daftar 20 Nama Pemain Muda ke AS

Pemain timnas basket Indonesia. Foto: fiba.basketball

Daftar 20 Nama Pemain Muda yang Dikirim ke Amerika Serikat:

1. Yudha Saputera

2. Widyanta Putra Teja

3. Ali Bagir Al Haddar

4. Hendrick Xavi Yonga

5. Yesaya Saudale

6. Mohamad Arighi

7. Antoni Erga

8. Karl Patrick Gloria

9. Ida Bagus Ananta Wisnu Putra

10. Elgi Wimbardi

11. Justin Jaya Wiyanto

12. Erick ibrahim

13. Andrew Lensun

14. Julian Chalias

15. Dame Diagne

16. Serigne Modou Kane

17. Fernando Manansang

18. Daniel Salamena

19. Mohammed Aymane Garudi Arip

20. Rafael Pasha

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi)Timnas Basket IndonesiaBasketBerita BasketSEA Games 2023

Berita Terkini