x

Resmi, IBL 2023 Digelar di Delapan Kota dan Tak Ada Pembagian Divisi

Kamis, 15 Desember 2022 05:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
Indonesian Basketball League

INDOSPORT.COM - Indonesian Basketball League (IBL) 2023 digelar mulai 14 Januari 2023. Babak reguler akan dimainkan di delapan kota, sedangkan babak play off menggunakan sistem home-away.

Diawali di Bali, kompetisi babak reguler akan berlangsung di tujuh kota lainnya yakni Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Jakarta, Bandung dan antara Tangerang atau Batam.

“Kami akan mengawali dari Bali sebagai seri pertama IBL 2023,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Baca Juga

“Musim ini, babak play off akan digelar dengan sistem home and away. Kami berharap setahun atau dua tahun ke depan kompetisi sejak babak reguler bisa dilangsungkan secara home and away,” sambungnya.

Format home and away pada babak play off dikatakan berperan penting untuk membangun fan base 16 klub peserta IBL. Selain itu, akan membuat persaingan makin menarik.

“Dukungan fan base akan sangat berarti bagi setiap klub. Di babak play off nanti, setiap tim yang lolos harus memainkan laga di kandang mereka masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga

Jumlah pertandingan pada musim baru juga lebih banyak. Di babak reguler setiap tim masing-masing akan bermain 30 pertandingan dan poin pentingnya adalah tak ada pembagian divisi.

" Musim baru akan ada 240 game, meningkat dibanding musim lalu sebanyak 176 pertandingan,” jelas Junas.

Baca Juga

1. IBL 2023 Bakal Lebih Sengit

Junas Miradiarsyah (direktur utama IBL/tengah), Avan Seputra (Satria Muda) dan Jammar Johnson (Dewa United/baju putih) di IBL Cup 2022. (Foto: IBL/Perbasi)

Junas sangat yakin pertarungan IBL 2023 lebih sengit, sebab setiap tim telah lakukan persiapan dengan serius. Hal itu bisa dilihat dari aktifnya bursa transfer pemain.

“Ini bisa dilihat dengan perputaran transfer pemain yang jauh lebih tinggi. Hal ini menunjukkan keseriusan tim-tim IBL menghadapi musim depan,” tuturnya.

16 tim peserta IBL 2023 telah menyatakan kesiapan untuk mengukir prestasi yang lebih dibanding musim IBL 2022.

Baca Juga

Sementara itu, Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi, mengucapkan selamat atas bakal bergulirnya Kompetisi IBL 2023. Dia berharap, pertandingan IBL bisa dimainkan di stadion baru, Indonesia Arena yang dibangun untuk perhelatan Piala Dunia Basket 2023 di Tanah Air.  

“Apalagi tahun depan kita akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Saya berharap salah satu seri IBL 2023 juga bisa diselenggarakan di stadion baru yang saat ini dalam pengerjaan untuk menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Selamat kepada IBL,” kata Nirmala.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, berharap bisa menggelar laga di Indonesia Arena pada jadwal putaran kedua. Itu sekaligus uji coba venue sebelum Kejuaraan Dunia 2023.

Baca Juga
Indonesian Basketball League (IBL)IBLBasketJunas Miradiarysah

Berita Terkini