x

5 Fakta Menarik Giannis Antetokounmpo, Kapten yang Bawa Wilayah Timur Menang di NBA All Star

Jumat, 24 Februari 2023 00:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Paul George dan Giannis Antetokounmpo di laga NBA Milwaukee Bucks vs LA Clippers, Kamis (02/03/23) waktu setempat. Foto: Benny Sieu-USA TODAY Sports via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Nama Giannis Antetokounmpo menjadi sorotan setelah mampu membawa tim wilayah timur menang di NBA All Star 2023 sebagai kapten.

Ajang perang bintang yang terjadi di NBA All Star untuk musim 2023 telah rampung digelar di Vivint Smart Home Arena, Utah, Amerika Serikat, pada Senin (20/02/23) lalu.

Dua tim yang bertandingan tim LeBron James mewakili para bintang dari wilayah barat, melawan tim Giannis Antetokounmpo yang mewakili para bintang dari wilayah timur.

Tim LeBron diisi oleh Joel Embiid, Kyrie Irving, Luka Doncic, dan LeBron. Sementara Tim Giannis diisi oleh Jayson Tatum, Damian Lillard, Donovan Mitchell, Lauri Markkanen, dan DeMar DeRozan. 

Giannis Antetokounmpo dan LeBron James berhasil menjadi pencetak poin pertama bagi timnya selaku kapten pada gelaran All-Star kali ini.

Baca Juga

Skor ketat di kuarter pertama 46-46. Tim Giannis unggul di kuarter kedua, tipis saja 53-46. Tim Giannis terus melesat dengan 59-49 di kuarter ketiga dan terakhir kalah 26-34. Mereka akhirnya menang 184-175.

Usai pertandingan, nama Giannis Antetokounmpo menjadi perbincangan karena mampu mengalahkan tim LeBron James. Berikut sejumlah fakta menarik tentang dirinya:

Baca Juga

Bukan dari Kalangan Berada

Bernama lengkap Giannis Sina Ugo Antetokounmpo, pemain basket profesional NBA ini lahir di Athena, Yunani, pada 06 Desember 1994. 

Ia adalah anak dari pasangan imigran Nigeria yang menetap di Yunani, Charles Antetokounmpo dan Veronica Antetokounmpo.

Pemain berusia 29 tahun itu bukanlah datang dari kalangan berada. Kedua orang tuanya sebagai imigran di negara orang, sempat menjalani kehidupan sehari-sehari yang sulit soal ekonomi.

Sebab tidak kunjung mendapat pekerjaan untuk biaya hidup.  Keluarganya pun pernah merasakan kelaparan saat tinggal di Yunani.

Giannis dan kakaknya, Thanasis, pernah membantu ekonomi keluarga dengan berjualan tas, kacamata, jam tangan, CD, dan DVD di jalanan.

Baca Juga

1. Awal Karier

Pebasket Giannis Antetokounmpo di laga NBA antara Milwaukee Bucks vs Charlotte Hornets. (Foto: REUTERS/Michael McLoone)

Giannis Antetokounmpo kecil sebenarnya sangat menyukai olahraga sepak bola. Salah satu pesepakbola yang difavortikannya adalah kiper timnas Yunani, Simon Bloch Jorgensen.

Tetapi seiring berjalannya waktu, Giannis kemudian mengubah aluan olahraga kesukaannya. Pada 2007, ia mulai menyukai basket dan kemudian bergabung dengan klub lokal, Spiros Velliniatis.

Giannis berusaha meyakinkan orang tuanya bahwa ia bisa mengubah ekonomi keluarganya dengan berkarier sebagai atlet basket.

Kemudian pada 2011, Giannis bermain di Filathlitikos yang juga klub basket ternama dil Yunani.

Bersinar di Bucks

Melihat kemampuannya yang bagus mmebuat Giannis kemudian coba merantau ke Amerika Serikat, mendaftar NBA Draft sebagai pemain Milwaukee Bucks di tahun 2013.

Saat itu, proses perekrutannya cukup rumit karena Giannis tidak memiliki kewarganegaraan sejak kecil.

Untungnya, Giannis menerima surat-surat resmi sebagai warga negara Yunani tepat pada waktunya. Alhasil, ia sukses bergabung dengan Bucks.

Giannis Antetokounmpo menjadi pemain penting dalam skuad Milwaukee Bucks. Pada musim 2018-2019, Giannis sukses terpilih sebagai MVP (Most Valuable Player) Regular.

Giannis juga sukses membawa Bucks menjuarai NBA pada musim 2020-2021. Hal itu menjadi gelar juara NBA bagi Bucks setelah terakhir kali tahun 1971.


2. 3 Kali Menjadi Kapten di NBA All Star

Paul George dan Giannis Antetokounmpo di laga NBA Milwaukee Bucks vs LA Clippers, Kamis (02/03/23) waktu setempat. Foto: Benny Sieu-USA TODAY Sports via REUTERS.

Giannis juga beberapa kali didaulat sebagai kapten Tim Wilayah Timur pada gelaran NBA All Star Game, yaitu pada tahun 2019, 2020, dan 2023.

Pada NBA All Star 2023, ia sukses membawa timnya memenangkan pertandingan melawan Tim Wilayah Barat yang dipimpin LeBron James. Skor akhir pertandingan itu adalah 184-175.

Daftar Gelar yang Diraih

Sepanjang berkarier sebagai pebasket NBA, Giannis Antetokounmpo sudah meraih beberapa gelar dan penghargaan. Berikut di antaranya:

1 NBA Champion (2021)
5 All-Defensive Team
6 Skuad NBA All Star
1 All-Rookie Team
1 NBA Defensive Player of the Year
1 NBA Most Improved Player
2 NBA Most Valuable Player (MVP)
8 NBA Player of the Month
13 NBA Player of the Week
1 NBA Finals Most Valuable Player (MVP)

NBALeBron JamesGiannis AntetokounmpoNBA All-StarBasket

Berita Terkini