x

Timnas Basket Putri Indonesia Rebut Emas Pertama SEA Games, PERBASI Curhat Kompetisi Mati Suri

Minggu, 14 Mei 2023 17:00 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Prestasi timnas basket putri Indonesia gemilang usai mencetak rekor di gelaran SEA Games 2023 Kamboja, hal ini cukup ironis di tengah kompetisi mati suri.

INDOSPORT.COM – Prestasi timnas basket putri Indonesia semakin gemilang usai mencetak sejarah di gelaran SEA Games 2023 Kamboja.

Ya, untuk kali pertama dalam sejarah pelaksanaan SEA Games sejak tahun 1959 silam, Timnas basket putri Indonesia persembahkan medali emas.

Seperti yang diketahui bahwa selama ini tim bola basket Indonesia untuk sektor putri hanya meraih tiga perak dan tiga perunggu.

Sekjen PP PERBASI, Nirmala Dewi mengapresiasi keberhasilan Timnas Putri dalam meraih emas untuk pertama kalinya di ajang SEA Games.

Baca Juga

“Selamat Timnas Putri. Pengorbanan selama TC hampir setahun membuat hasil maksimal. Enam kemenangan, Clean sheet, yang berujung emas,” ucap Nirmala, Minggu (14/05/23).

Sementara itu, Ketum PP PERBASI, Danny Kosasih, menjelaskan bahwa federasi sudah berusaha mendukung atmosfer bola basket putri di Indonesia. Sayangnya, program memutar kompetisi khusus putri tidak disambut baik.

Baca Juga

“Kami sudah mengedarkan surat dua bulan lalu. Rencana memutar kompetisi. Tapi yang menjawab hanya satu tim dari Surabaya,” jelas Danny Kosasih.

“Jadi lalu ada yang tanya kenapa Perbasi tidak mau mengadakan ya? Saya bingung menjawabnya. 'Enggak ada peserta' dengan 'enggak mau' itu harus dibedakan,”

“Ketika enggak ada klub yang sanggup ikut liga, saya bersama Pak Christopher memutuskan lebih baik TC jangka panjang,” tutup Danny Kosasih.

Baca Juga

1. Erick Thohir Puji PERBASI

Timnas Basket Putri Indonesia raih medali emas SEA Game 2023.

Laga pemungkas timnas basket putri Indonesia itu rupanya juga disaksikan langsung oleh Ketum PSSI, Erick Thohir, yang juga menjabat sebagai FIBA Central Board Member.

Tampak mendampingi pengurus PP PERBASI di antaranya Ketum Danny Kosasih, Sekjen Nirmala Dewi, dan Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja beserta istri.

Erick Thohir terlihat haru atas pencapaian luar biasa yang diraih oleh timnas basket putri 5x5 di ajang SEA Games 2023 Kamboja itu.

“PERBASI sudah bertahun-tahun membuktikan seperti ini. Bahwa PERBASI memiliki manajemen profesional dan transparan,” kata Erick Thohir, Minggu (14/05/23).

Baca Juga

“Bahkan PERBASI sejak awal keras dalam menghukum para pemain kalau ada (kecurangan) mengatur, match fixing. Itulah bagaimana menciptakan liga yang baik. Salut sama PERBASI yang bekerja konsiten dan fokus,”

“Ini sejarah yang luar biasa untuk bola basket putri Indonesia. Anda adalah pahlawan bangsa. Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Selamat untuk PERBASI,” tutup Erick Thohir.

Baca Juga

Sepintas soal prestasi timnas basket, sebelumnya di SEA Games 2021 tim putra sukses membawa pulang medali emas.

Kemudian kini, prestasi tersebut dilanjutkan oleh tim basket putri 5x5 yang juga sekaligus membuktikan bahwa perkembangan basket Indonesia sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga
Erick ThohirSEA GamesPersatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi)BasketTimnas Basket Putri Indonesia

Berita Terkini