Gebrakan Ketum Baru Pordasi, Langsung Gelar Liga Berkuda Pertama di Indonesia

Senin, 17 Februari 2020 00:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PP Pordasi
Triwatty Marciano ditetapkan sebagai Ketum PP Pordasi periode 2020-2024. Copyright: © PP Pordasi
Triwatty Marciano ditetapkan sebagai Ketum PP Pordasi periode 2020-2024.

INDOSPORT.COM - Baru dua pekan menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), Triwatty Marciano, langsung melakukan gebrakan dengan mewujudkan liga berkuda equestrian pertama di Indonesia bertajuk Equestrian Champions League 2020.

Seri pertama kompetisi ECL 2020 ini digelar di Internasional Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jakarta, pada 14-16 Februari. Kurang lebih 500 peserta dari sejumlah klub berkuda bersaing untuk menjadi yang terbaik hingga Oktober mendatang.

Pada gelaran perdana ini, Triwatty yang juga merupakan founder dari ECL cukup semringah. Sebuah momen yang spesial, terlebih pihaknya telah berhasil mewujudkan liga equestrian pertama di Indonesia.

"Dengan adanya liga maka kompetisi akan semakin banyak sehingga mendukung tumbuhnya industri olahraga berkuda Indonesia. Selamat bertanding untuk seluruh peserta dan klub pada Seri Pertama ECL di JIEPP,” kata Triwatty Marciano kepada awak media. 

Lebih jauh, Triwatty berharap kompetisi ECL 2020 yang terselenggara dapat memotivasi pegiat olahraga berkuda lainnya di Tanah Air. Ia ingin kompetisi tersebut bisa berkembang dan digelar di berbagai daerah oleh Pengurus Provinsi Pordasi.

“Kami bisa menyelenggarakan liga, yang lain (Pengprov) juga pasti bisa. Mari kita mulai bangkitkan kualitas atlet berkuda serta kemandirian olahraga berkuda di Indonesia,” cetusnya.

Sebagaimana diketahui, ECL 2020 yang didirikan Triwatty bersama Adinda Yuanita dan Nadia Marciano ini dibangun untuk memfasilitasi para atlet equestrian. Sehingga, mereka dapat terus mengasah kemampuan sekaligus meraih prestasi, sekaligus mengajak masyarakat lebih mengenal olahraga ini.

Ada pun kompetisi ECL menampilkan beberapa kategori dalam equestrian seperti Show Jumping (ketangkasan pengendalian kuda melompati rintangan), Dressage (perpaduan estetika dan pengendalian kuda yang baik), dan Eventing (rangkaian dressage, show jummping dan cross country).

Selain menggelar seri perdana di JIEPP, ECL kembali bakal bergulir lima seri lagi, antara lain seri kedua diselenggarakan pada 6-8 Maret di Adria Pratama Mulya (APM), seri ketiga di APM (17-19 April), seri keempat di JIEPP (24-26 Juli), seri kelima di APM (21-23 Agustus), dan seri terakhir yang merupakan final di JIEPP (25-27 September).