Sport Tourism

Taman Catur: Sisi Menarik Olahraga Catur di Bisingnya Ibu Kota

Minggu, 1 Mei 2016 11:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegiatan bermain catur warga di Taman Catur yang terletak di kolong jembatan stasiun Tebet Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegiatan bermain catur warga di Taman Catur yang terletak di kolong jembatan stasiun Tebet Jakarta.

Konsep sport toursim sebenarnya tidak melulu harus terfokus pada satu tempat wisata mewah dengan pemandangan alam indah dan menawarkan olahraga yang popular. Konsep sport tourism yang tengah marak di populerkan beberapa waktu terakhir ini sebenarnya tersebar di sekitar kita. Salah satunya terdapat di daerah Tebet, Jakarta Selatan, tepatnya di bawah jembatan layang stasiun Tebet. 

Bising suara kereta, angkot, bajaj, maupun metro mini seakan tidak berpengaruh bagi mereka yang sedang berhadapan dengan bidak catur. Saat awak INDOSPORT menyambangi tempat yang tepat berada di depan stasiun Tebet tersebut, tampak beberapa pria sedang berkonsentrasi memandangi bidak-bidak catur. 

Sesekali mereka yang bermain catur itu memanggil beberapa pedagang yang berada di sekitar tempat itu, untuk sekedar memesan kopi, rokok ataupun makanan. Namun ada yang terasa kurang dari tempat tersebut, beberapa meja yang biasanya digunakan sebagai papan catur sudah tidak berada di sana. Penertiban oleh petugas disebut sebagai salah satu alasan.

Berikut INDOSPORT mencoba mengupas sisi menarik dari keberadaan 'taman catur' yang sebenarnya bisa menjadi sisi sport tourism di kota Jakarta:

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%