Meski Baru Berusia 12 Tahun, Bocah Ini Jadi Grand Master Catur Termuda Kedua di Dunia

Rabu, 16 Januari 2019 18:09 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© CGTN
Gukesh Dommaraju, pecatur Grand Master termuda kedua di dunia Copyright: © CGTN
Gukesh Dommaraju, pecatur Grand Master termuda kedua di dunia

INDOSPORT.COM – Gukesh Dommaraju, bocah laki-laki asal India ini telah menjadi pecatur termuda kedua di dunia melalui ajang Grandmaster Catur Internasional ke-17, Selasa (15/01/19) kemarin.

Faktanya, anak yang baru berusia 12 tahun itu telah nyaris melampaui rekor untuk menjadi grandmaster catur termuda, yang sebelumnya telah diraih oleh grandmaster asal Ukraina, Sergey Karjakin pada tahun 2003.

Sambil bereaksi terhadap pencapaian terbarunya, Gukesh siap melanjutkan torehan positifnya lebih jauh karena akan dipersembahkan kepada orang-orang yang telah mendukungnya.

Ayah Gukesh Rajinikanth adalah dokter spesialis THT, sementara ibu dari anak ajaib itu, Padma Kumari, juga seorang dokter praktek yang selalu setia menemani putranya ke berbagai turnamen di seluruh dunia.

Cukup menarik karena Gukesh berasal dari kota Chennai di India Selatan, yang telah menjadi kota asal grandmaster catur pertama India dan juara catur dunia lima kali, Viswanathan Anand, yang merupakan idolanya.

Setelah mencapai gelar International Master (IM) pertamanya pada usia 11 tahun 5 bulan pada 2017 lalu, bakatnya terus berkembang, sebagaimana disadur dari CGTN News.

Kemudian membawa norm Grand Master (GM) pertamanya dengan kemenangan menakjubkan atas pecatur veteran, Nigel Short di Bangkok Open 2018 sebelum memenangkan yang kedua di turnamen Orbis-2 GM round-robin tournament di Paracin, Serbia.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM