Membanggakan! Pecatur Muda Indonesia Raih Gelar di Mongolia

Selasa, 16 April 2019 14:25 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Indonesia kembali dibuat bangga atas prestasi anak bangsa yang berhasil meraih gelar juara pada turnamen Catur zona 3.3 Asia 2019. Adalah Medina Warda Aulia yang berhasil membuat harum nama Indonesia di kancah Internasional.

Medina berhasil meraih gelar tersebut usai mengalahkan pecatur tuan rumah, Munkhzul Turmunkh, pada langkah ke-67. Sebelumnya, wanita kelahiran Jakarta ini tertinggal satu poin pada babak kedelapan dari Munkhzul. Namun, pada babak terakhir, Medina berhasil menyamai poin pecatur tuan rumah tersebut dengan poin 7.0.

Medina yang memiliki Elo rating sebesar 2362 mampu menaklukan Munkhzul (Elo Rating 2348) yang menerapkan pembukaan sisilia. Munkhzul dipaksa menyerah setelah kalah satu bidak dari Medina.

Grand Master wanita termuda Indonesia ini memiliki tiga bidak dan sepasang benteng. Sedangkan lawannya hanya menyisakan dua bidak, satu benteng, dan satu kuda.

Dengan hasil yang diraih Medina tersebut, Indonesia berhasil mengawinkan gelar setelah GM Susanto Megaranto memastikan menjadi juara pada nomor putra sebelumnya. 

Medina sendiri merupakan pemegang gelar Woman Grand Master termuda di Indonesia. Ia meraih gelar tersebut saat usianya baru menginjak 16 tahun.

Berdasarkan rating yang dirilis oleh FIDE, Peraih medali perak SEA Games 2011 ini berada di peringkat 102 dunia untuk kategori wanita dan berada di peringkat 31 Asia untuk kategori wanita.

Terus Ikuti Perkembangan Catur dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM