Sir George Alan Thomas: Si Ahli Catur dan Tenis yang Masih Berkuasa di All England

Sabtu, 9 Maret 2019 15:00 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© chesshistory.com
Sir George Alan Thomas, pemegang gelar juara terbanyak All England yang juga ahli bermain catur. Copyright: © chesshistory.com
Sir George Alan Thomas, pemegang gelar juara terbanyak All England yang juga ahli bermain catur.

INDOSPORT.COM - Saat ini kejuaran bulutangkis bergengsi All England Open tengah berlangsung di Arena Birmingham, Inggris, 6-10 Maret 2019.

Kejuaraan All England 2019 kali ini merupakan turnamen edisi ke-119. Hal tersebut mendukung catatan bahwa All England merupakan kejuaraan bulutangkis tertua di dunia.

Telah banyak nama atlet yang dibukukan sebagai legenda juara di turnamen tersebut. Namun hanya satu nama yang menduduki rekor pengoleksi gelar All England terbanyak. Ia adalah Sir George Alan Thomas.

Atlet legendaris asal Inggris yang lahir pada 14 Juni 1881 ini meraih tercatat total 21 gelar di All England. Koleksi gelar juara itu terdiri dari 4 gelar juara tunggal putra, 9 gelar juara ganda putra, dan 8 gelar juara ganda campuran.

Salah satu pendiri Federasi Bulutangkis Internasional (IBF), yang sekarang dikenal dengan sebutan BWF ini juga sempat mengukir treble winner pada 1921 kala memenangi nomor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran sekaligus.

Hingga saat ini belum ada atlet bulutangkis lain yang mampu menyaingi prestasinya. Selama 26 tahun mewakili Inggris sebagai atlet bulu tangkis, Sir Thomas berhasil memenangkan 90 gelar nasional.

Kesuksesannya sebagai atlet bulutangkis dunia membuatnya mengeluarkan sebuah karya dalam bentuk buku berjudul The Art of Badminton.

Selain Badminton, Sir Thomas juga menguasai beberapa cabang olahraga lain, seperti tenis dan catur. Di dunia tenis ia aktif bermain di Wimbledon era 1911-1926. pernah mencapai perempatfinal sektor tunggal dan semifinal sektor ganda putra di Wimbledon pada 1911.

Sedangkan dalam olahraga catur, ia berhasil mendapatkan begitu banyak gelar juara. Seperti di Kejuaraan Catur Inggris pada 1923 dan 1934, Hastings International Chess Congress 1934/5 bersama dengan Max Euwe.

Penulis: Chairun Nissa.

Terus Ikuti Update Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%