Membanggakan! Irene Kharisma Raih Medali Perak di Kejuaraan Catur Asia

Senin, 17 Juni 2019 15:55 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Retno Prasetyo/INDOSPORT
Pecatur putri terbaik Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. Copyright: © Retno Prasetyo/INDOSPORT
Pecatur putri terbaik Indonesia, Irene Kharisma Sukandar.

INDOSPORT.COM – Pecatur putri terbaik Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, berhasil mencatatkan prestasi membanggakan dengan meraih medali perak dalam Kejuaraan Catur Asia (ACCC) 2019 yang digelar di Hebei, China.

Pada kejuaraan catur level Asia yang digelar pada tanggal 6-16 Juni 2019 tersebut, Irene berhasil mengumpulkan 7 poin dari sembilan babak yang dimainkan, sebagaimana dikutip dari Antara.

Perolehan poin Irene hanya terpaut 0,5 dari pecatur putri asal Kazakhstan, Dinara Saduakassova yang berhasil merebut medali emas. Meski tak mampu meraih emas, prestasi Irene merupakan sebuah catatan membanggakan di ajang kompetisi catur level internasional.

Bagi Irene, medali perak di ACCC 2019 membuatnya melanjutkan prestasi gemilang sejak tahun lalu. Pada tahun 2018 lalu, Grand Master Wanita (GMW) dan Master Internasional (MI) berusia 27 tahun itu sukses menjadi pecatur wanita terbaik di ajang Doebert Cup di Australia dengan meraih 5,5 poin.

Kemudian, pada bulan November 2018, pecatur kelahiran Jakarta itu juga mencatatkan prestasi membanggakan dengan menjuarai kompetisi catur Hjorth Open yang juga digelar di Australia dengan mengumpulkan 7,5 poin.

ACCC sendiri merupakan pertandingan catur tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Catur Asia dan merupakan turnamen catur paling bergengsi bagi atlet catur di kawasan Asia. Kejuaraan yang digelar di Hebei itu diiukuti oleh 110 pecatur yang berasal dari 19 negara, di antaranya China selaku tuan rumah, Kazakhstan, India, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Usai menyelesaikan serangkaian pertandingan di China, selanjutnya Irene Kharisma akan mengikuti sejumlah kompetisi catur tingkat dunia lainnya di Australia dan Swiss.