Kejuaraan Catur Asia: Wakil Indonesia Terlempar dari Posisi Kedua

Senin, 8 Juli 2019 08:29 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pecatur Indonesia harus berjuang ekstrakeras untuk meraih posisi terbaik di ajang Asian Juniors Chess Championship (AJCC) 2019. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pecatur Indonesia harus berjuang ekstrakeras untuk meraih posisi terbaik di ajang Asian Juniors Chess Championship (AJCC) 2019.

INDOSPORT.COM - Peluang Indonesia untuk menjuarai Asian Juniors Chess Championship (AJCC) 2019 semakin menipis. Hal itu seiring kekalahan yang diderita pecatur muda, Catur Adi Sagita di game ke tujuh di Hotel Lorin, Karanganyar, Minggu (07/07/19).

Pecatur muda berusia 16 tahun itu dikalahkan pecatur unggulan asal Vietnam, Nguyen Anh Khoi pada babak ketujuh.

Dari hasil tersebut, Nguyen Anh Khoi masih berada di posisi puncak dengan poin 6,5. Sedangkan Catur berada di posisi ketiga dengan poin 5. Posisi kedua ditempati pecatur India, Raghunandan Kaumandur dengan poin 5,5.

"Sayang Catur yang sempat naik ke posisi 2 harus kalah dari Nguyen Anh Khoi. Memang rasanya, Nguyen tidak ketahan lagi untuk jadi juara," kata Kabid Binpres PB Percasi, Kristianus Liem, kepada awak media disela kejuaraan.

Sebenarnya PB Percasi tidak menargetkan dengan menyebut nama untuk menjadi juara. Sebab jika tidak ditargetkan, pemain akan bisa bermain bebas dan santai karena tidak ada beban dan kemampuan bisa keluar semua.

"Sebenarnya jika bermain normal maka hasilnya bisa remis. Kalau ingin remis hasilnya bisa remis bisa  kalah. Hal yang sama juga terjadi pada pecatur putri, Juwita," tegasnya

Sementara itu, hingga babak ketujuh, hanya Nguyen yang belum terkalahkan. Melihat langkah pecatur Indonesia di kejuaraan tersebut pihaknya hanya berharap bisa masuk tiga besar. Menurut Kristianus kekalahan Catur atas Nguyen disebabkan strategi yang diterapkan keliru.

"Dia kalah karena bermain pasif jadi ada perasaan takut. Mungkin mau cari hasil remis saja, ini strategi yang keliru. Kalau mau bermain remis dia bisa kalah," ujar Liem.