Membanggakan, Pecatur Papua Tempati Urutan 7 Kejuaraan Dunia

Jumat, 19 Maret 2021 16:15 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pecatur Papua saat menyimak arahan pelatih. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pecatur Papua saat menyimak arahan pelatih.

INDOSPORT.COM - Torehan gemilang berhasil dicapai oleh pecatur yang disiapkan Papua menuju PON XX, Yoseph Theolofius Taher IM (Internasional Master). Taher sukses menempati urutan ke-7 kejuaraan dunia online blitz antar mahasiswa tahun 2021. 

Menembus babak final, Taher menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Kejuaraan yang diikuti oleh 960 peserta yang berasal dari 119 negara itu.

Taher lolos ke babak final setelah melalui pertarungan sengit selama 10 babak pada pekan lalu. Ia kemudian lolos ke final bersama 7 pecatur lainnya, yakni GM Iniyan P (India), GM Mikhail Antipov (Rusia), GM Grigoriy Oparin ( Rusia), IM Irakli Beradze (Georgia), GM Xu Yinglun (China), GM Haik Martirosyan (Armenia), dan GM Gabuzyan Hovhannes (Armenia).

Dalam babak final yang digelar Kamis (18/03/21), Taher mengumpulkan 2 poin dari hasil 1 kali menang dan 2 remis. Hasil tersebut membawanya menempati urutan 7 kejuaraan dunia catur online blitz antar mahasiswa tahun 2021.

"Lolos ke babak final dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di kejuaraan itu, tentu kita apresiasi dan membanggakan, harapannya dalam kejuaraan-kejuaran selanjutnya grafik permainan terus meningkat,” ujar manajer tim catur PON Papua, Ariadi SE.