Akhirnya! Magnus Carlsen Alami Dua Kali Kalah Beruntun dalam Pertandingan Catur Klasik

Rabu, 25 Januari 2023 19:25 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Pavel Mikheyev
Grandmaster catur Norwegia, Magnus Carlsen. Foto: REUTERS/Pavel Mikheyev. Copyright: © REUTERS/Pavel Mikheyev
Grandmaster catur Norwegia, Magnus Carlsen. Foto: REUTERS/Pavel Mikheyev.

INDOSPORT.COM — Nama Magnus Carlsen di dunia catur sudah seperti legenda yang tak terkalahkan namun akhirnya dia pun takluk dua kali beruntun.

Fenomena kali ini terjadi pada laga Wijk aan Zee, atau The Chess Wimbledon yang menghadirkan 13 Grandmaster termasuk Magnus Carlsen.

Kekalahan Magnus Carlsen dimulai saat ia melawan pecatur nomor 1 belanda yang juga ranking 5 dunia, Anish Giri.

Anish Giri sendiri dulu pernah mengalahkan Carlsen satu kali saja yang mana hal itu sudah terjadi 12 tahun yang lalu pada gelaran Wijk juga.

Kekalahan ini pun cukup membuat sang maestro catur ini sedikit terganggu. Pasalnya, dia adalah pecatur terbaik sepanjang masa.

Dia bahkan bisa membawa imbang sang Grandmaster catur kala itu, Gary Kasparov, yang pada saat itu, Magnus Carlsen baru berusia 13 tahun.

Kejeniusannya dalam catur memang terbilang tidak masuk akal namun dominasinya kini sepertinya mulai runtuh.

Kekalahan keduanya dalam gelaran Wijk ini terjadi dihari berikutnya ketika Magnus Carlsen melawan pecatur muda asal Uzbekistan, Nodirbek Abdusattorov.

Nodirbek Abdusattorov sendiri meurpakan pecatur yang baru berusia 18 tahun dan keberhasilannya mengalahkan Magnus tentu menjadi prestasi yang luar biasa baginya.

Dengan dua kali kekalahan ini, Magnus Carlsen pun turun ke poisis 10 dari total 13 Grandmaster yang bertanding di gelaran Wijk aan Zee ini.