Ada Sentuhan Belanda di Balik Sukses Tim Dayung Indonesia

Senin, 27 Agustus 2018 14:23 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Lanjar Wiratri/Indosport.com
Pelatih dayung asal Belanda Boudewijn van Opstel berperan di balik kesuksesan tim dayung Indonesia. Copyright: © Lanjar Wiratri/Indosport.com
Pelatih dayung asal Belanda Boudewijn van Opstel berperan di balik kesuksesan tim dayung Indonesia.

INDOSPORT.COM - Ada sentuhan pelatih Belanda di balik keberhasilan tim dayung Indonesia merebut medali emas Asian Games 2018. Pelatih asal Belanda tersebut yakni Boudewijn van Opstel.

Ia telah menangani tim dayung putra Indonesia selama enam tahun. Boudewijn akhirnya berhasil membawa tim dayung Indonesia melalui nomor kelas ringan delapan putra meraih medali emas.

Kelas ringan delapan putra yang diperkuat Tanzil Hadid, Rio Rizki Darmawan, Ali Buton, Ihram, Ujang Hasbulloh, Muhad Yakin, Jefri Ardianto, Ferdiansyah, serta Ardi Isadi finis pertama dengan catatan waktu 6 menit 08,88 detik.

Sementara medali perunggu dan perak direbut Uzbekistan dan China. Disinggung soal keberhasilannya membawa tim dayung Indonesia merebut medali emas, Boudewijn mengaku tak terlalu kaget. Ia menyebut tim dayung Indonesia telah bekerja keras untuk mendapat medali emas Asian Games 2018.

“Tidak ada surprise soal kemenangan itu. Saya sudah start melatih di sini sudah 6 tahun. Di asian games empat tahun lalu kita perunggu dan SEA Games juara umum,” ujar Boudewijn.

Boudewijn memang telah merasakan jatuh bangun melatih tim dayung Indonesia. Ia menyebut tantangan paling sulit yang harus dihadapi kala melatih tim dayung Tanah Air.

“Challenging yang pertama sukses bawa juara dan mungkin saya tau dan saya pelatih asing terlama di Indonesia,” beber Boudewijn

“Karena saya yakin banyak investasi terkait dan setiap tahun lebih saya perbaiki kualitasnya,” tambahnya

“Investasi saya beri banyak efek medali dan itu penghargaan besar buat saya,” tutup Boudewijn.