eSports

Perusahaan Antivirus Ternama Buat Perangkat Anti Cheater Khusus eSports

Rabu, 11 September 2019 15:52 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Variety
Perusahaan antivirus asal Rusia, Kaspersky baru-baru ini mengembangkan perangkat anti cheater khusus untuk kompetisi dan organisasi eSports. Copyright: © Variety
Perusahaan antivirus asal Rusia, Kaspersky baru-baru ini mengembangkan perangkat anti cheater khusus untuk kompetisi dan organisasi eSports.

INDOSPORT.COM - Perusahaan antivirus asal Rusia, Kaspersky baru-baru ini merancang perangkat lunak canggih yang mampu mendeteksi para cheater di sebuah kompetisi eSports.

Dilansir laman berita Tomhardware, pembuatan alat pendeteksi cheater ini sendiri diharapkan bisa memberikan semangat permainan yang adil bagi seluruh peserta kompetisi eSports. Pasalnya kini kompetisi olahraga berbasis games menjadi salah satu event besar seantero dunia.

Berbagai judul game seperti Dota 2, League of Legends, Mobile Legends, dan PlayerUnknown's Battlegounds (PUBG) menjadi ajang turnamen berhadiah jutaan dolar yang sangat menguntungkan.

Tak ayal banyak kalangan yang mencoba memanfaatkan keuntungan dengan menjadi cheater hanya agar bisa menjadi seorang pemenang. Disini Kaspersky mencoba menghadirkan perangkat yang bakal mampu mendeteksi aksi curang sang pemain secara langsung.

Cara kerja sistem yang dibuat Kaspersky ini sendiri terbilang cukup sederhana. Sistem anti cheat nantinya akan dipasang melalui perangkat para pemain di suatu kompetisi.

Ketika ada pemain yang tengah mencoba melakukan aksi mencurigakan, maka sistem secara otomatis akan mengirimkan datanya langsung ke pihak wasit secara real time melalui web interface. Nantinya pihak wasit dan organisasi eSports yang akan memutuskan langkah lanjutan untuk menindak sang cheater.

Kabarnya Kaspersky akan bekerjasama dengan pihak StarLadder untuk menguji coba alat anti cheat ini dalam suatu turnamen eSports besar. Selain itu Kaspersky anti cheat ini dikabarkan juga akan hadir untuk pihak pengembang game sehingga bisa mempertahankan integritas di pertandingan game non-eSports.

Sebelumnya pihak pengembang game PUBG bernama PUBG Corp juga telah menggunakan cara canggih untuk menindak aksi cheater dalam kompetisi eSports. Serupa dengan Kaspersky, unit anti cheat PUBG secara otomatis akan mendeteksi aksi ilegal dari pemain dan langsung melaporkan ke pihak penyelenggara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%