eSports

Siapa Saja Pemain Indonesia yang Pernah Hiasi Game eSports PES?

Kamis, 12 September 2019 19:40 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© panditfootball
Tidak ada yang sangka jika dalam game eSports sepak bola Pro Evolution Soccer pernah dihiasi oleh nama-nama pemain Indonesia. Copyright: © panditfootball
Tidak ada yang sangka jika dalam game eSports sepak bola Pro Evolution Soccer pernah dihiasi oleh nama-nama pemain Indonesia.

INDOSPORT.COM - Game eSports sepak bola Pro Evolution Soccer 2020 telah secara resmi  dirilis pada Selasa (10/09/19) lalu. Dan per hari ini, 12 September 2019, untuk wilayah Asia akan segera diluncurkan oleh Konami.

Hadirnya kompetisi Liga Champion Asia 2019 hingga Thai League 1 merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh penikmat game console terbesar di dunia ini khususnya wilayah Asia Tenggara. 

Bagaimana tidak, di Liga Champions Asia sendiri akan dihuni sederet klub-klub raksasa Asia Tenggara, di antaranya klub asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim, dan Buriram United, klub papan atas Thailand.

Terlebih, masuknya liga Thailand di game PES sejak tahun lalu menjadi gebrakan dan kemajuan bagi sepak bola Thailand dan Asia Tenggata.

Masuknya tim-tim dari Asia Tenggara khususnya di Thai League pada PES 2020, agaknya memberikan sedikit keuntungan bagi para pemain Indonesia yang meniti karier di Liga Thailand. Pasalnya nama mereka akan digunakan para pemain PES lain yang akan membuat mereka semakin dikenal.

Sebelumnya sudah terdapat nama-nama seperti Victor Igbonefo dan Yanto Basna yang akan hadir di PES 2020 sebagai pemain asal Indonesia. Namun, apakah hanya dua pemain itu saja yang pernah hadir di game eSports sepak bola tersebut?

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkum beberapa pemain Indonesia lainnya yang pernah tampil di dalam game eSports Pro Evolution Soccer (PES). 

1. Terens Owang Puhiri (PES 2019)

Mungkin Terens bisa disebut sebagai pemain Indonesia pertama yang muncul dalam game eSports khususnya PES 2019. Mengingat, klub yang ia bela sebelum memutuskan balik membela Borneo FC yakni, Port FC, berada di Liga kasta tertinggi Thailand, Thai League 1.

Meski sempat diragukan akan tampil di PES 2019, namun nama Terens Puhiri tetap tercatat dalam situs PES Master dengan Overall Rating 61.

2. Ryuji Utomo Prabowo (PES 2019)

Berikutnya ada nama Ryuji Utomo, yang memperkuat tim divisi kedua Liga Thailand, PTT Rayong. Meski berada di kasta kedua, namun PTT Rayong sukses mengakhiri musim dengan meraih gelar dan berhak promosi ke Thai League 1.

Ryuji pun kerap menjadi andalan selama berseragam PTT Rayong, namun pada akhir musim pemain yang berposisi sebagai bek tengah memutuskan pulang kampung ke Persija Jakarta. Dalam situs PES Master tercatat Ryuji Utomo Prabowo hanya memiliki Overall Rating 61.

3. Rudolf Yanto Basna (PES 2020)

Pemain yang kini membela Timnas Indonesia pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, telah tercatat dalam skuat utama Sukhothai 2019, tim yang menghuni Thai League 1. Sebelumnya Yanto Basna juga sempat membela tim asal Thailand di kasta kedua yakni, Khon Khaen FC pada 2018 lalu.

Yanto Basna tercatat masuk dalam 11 pemain terbaik Asia tenggara yang bermain di Liga Thailand di 2018. Dengan SUkhothai yang bermain di kasta teratas musim ini, dan sudah dipastikan Basna akan ambil bagian pada PES 2020.  Berdasarkan situs PES Master, Rudolf Yanto Basna hanya memiliki Overall Rating 57.

4. Victor Igbonefo (PES 2020)

Pemain naturalisasi yang kini juga membela Timnas diajang Kualifikasi Piala Dunia, memutuskan untuk kembali meniti karier di Thai League 1 setelah satu musim berseragam Persib Bandung.

Sebelumnya tercatat sejak 2012, Victor telah membela lima klub berbeda di negeri Gajah Putih. Kini Victor terdaftar sebagai pemain klub PTT Rayong yang pernah dibela oleh Ryuji Utomo dimusim 2018.

PTT Rayong yang berlaga di kasta tertinggi akan dapat ditemui dalam PES 2020 dalam Thai League 1, dengan Victor Igbonefo yang mengisi skuat utamanya. Tercatat dalam situs PES Master, Victor Igbonefo menorehkan Overall Rating 64.

Penulis: Muhammad Harris Muda.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%