eSports

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVI Hadirkan eSport sebagai Laga Ekshibisi

Senin, 16 September 2019 04:11 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arena.ID
Ilustrasi saat bermain eSports. Copyright: © Arena.ID
Ilustrasi saat bermain eSports.

INDOSPORT.COM – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) edisi ke-16 akan segera berlangsung di Jakarta, mulai dari 19 hingga 26 September mendatang. Menariknya, salah satu olahraga eSport yang sedang booming di masyarakat akan dipertandingkan.

Walaupun begitu, seperti dilansir melalui laman berita Antara, nantinya eSport hanya akan dihadirkan sebagai pertandingan dengan status ekshibisi bukan sebagai salah satu cabang olahraga resmi POMNAS.

“Olahraga elektronik menjadi salah satu  olahraga yang ada di pertandingan ekshibisi dalam POMNAS nanti,” pungkas Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dikutip dari antara.

Menurut Nasir, masuknya eSport dalam pertandingan ekshibisi POMNAS lebih menjadi pengenalan kepada publik tentang permainan kompetitif yang berpeluang menjadi bagian dari cabang olahraga tersebut.

Nantinya, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan bertindak sebagai tuan rumah. POMNAS XVI Jakarta  ini akan diikuti oleh mahasiswa dari 33 provinsi, melibatkan 3.404 atlet dan 1.337 ofisial.

Selain itu, dalam ajang ini, para atlet akan memperebutkan total 713 medail dari 18 cabang olahraga di 18 arena pertandingan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

“Hanya Sulawesi Barat yang tidak mengirimkan timnya pada POMNAS XVI ini, karena mahasiswanya belum mencukupi untuk mengikuti kompetisi,” ujar Nasir.

Menrisdikti mengatakan bahwa nantinya para atlet yang berprestasi di POMNAS bisa memperkuat tim olahraga daerah hingga nasional.

Sementara itu, untuk mendukung jalannya POMNAS nanti. Nasir meminta para rektor perguruan tinggi memberi kelonggaran bagi mahasiswa yang bertanding di POMNAS XVI Jakarta ini.

Penulis: Ergian Pinandita

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%