eSports

Semakin Populer, Pemerintah Dukung Perkembangan eSports di Indonesia

Sabtu, 5 Oktober 2019 16:50 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Rexus
Pemerintah akan memberi dukungan untuk mengembangkan dunia eSports di Indonesia. Copyright: © Rexus
Pemerintah akan memberi dukungan untuk mengembangkan dunia eSports di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Indonesia menunjukkan ketertarikan mengembangkan eSports di Tanah Air, karena memiliki potensi ekonomi tinggi dan peningkatan mutu para atlet.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto. Selain itu, ia juga mencoba memberikan penyuluhan kepada publik, dengan harapan bisa meningkatkan kesadaran pentingnya olahraga modern.

"Kami memulai membuat regulasi baru untuk mendukung perkembangan eSports, termasuk dalam bidang pendidikan. Hal lain yang sangat penting saat ini ialah dukungan untuk event-event dan turnamen eSports," ujar Gatot S. Dewa Broto, seperti diwartakan Jakarta Globe.

Menurutnya, Indonesia harus mengembangkan eSports supaya tidak semakin tertinggal dari negara-negara lain yang sudah terlebih dahulu mempopulerkan olahraga ini. 

Sementara itu, pendiri sekaligus kepala eksekutif organisasi eSports BOOM ID, Gary Ongko Putera, menyambut baik dukungan pemerintah tersebut.

Pasalnya, Gary menyatakan Indonesia merupakan gudang para atlet eSports berbakat, sehingga perlu dukungan yang sangat kuat untuk kemajuan eSports.

Terlepas dari itu, prestasi Indonesia di ajang eSports sudah terlihat ketika mengikuti ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang tahun lalu. Atlet Tanah Air berhasil mendapatkan satu medali emas dan satu medali perak ketika berhadapan dengan banyak atlet benua Asia.

Melihat perkembangan yang cukup pesat, pemerintah telah menyelenggarakan kompetisi eSports pertama bertajuk Piala Presiden yang telah berlangsung bulan Maret tahun ini. Kompetisi ini kabarnya akan kembali digelar tahun depan. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Piala Presiden Esports (@pialapresidenesports) pada