eSports

Kaesang Anggap Kehadiran eSports Bisa Buka Banyak Lowongan Kerja

Minggu, 1 Desember 2019 19:45 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
© kaesangp
Kaesang Pangarep putra presiden Jokowi, mengharapkan kehadiran eSports bisa memperluas lapangan kerja. Copyright: © kaesangp
Kaesang Pangarep putra presiden Jokowi, mengharapkan kehadiran eSports bisa memperluas lapangan kerja.

INDOSPORT.COM - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep, beranggapan bahwa eSports bisa menjadi ladang lapangan kerja menjanjikan karena memiliki ekosistem yang telah bangkit di Indonesia.

Kaesang awalnya tidak menyangka perkembangan eSports di Indonesia terbilang masif hingga saat ini. Berawal dari olahraga elektronik, kini eSports sudah berubah menjadi profesi dengan pendapatan yang cukup tinggi.

Dirinya mengajak para gamers Indonesia untuk mendukung perkembangan eSports yang bisa menjadi ladang lapangan kerja kelak. Kaesang pun meyakini hal ini bukanlah hal mustahil karena tingginya minat olahraga modern berbasis game itu di Tanah Air.

"Olahraga elektronik atau eSports telah berkembang dari awalnya permainan menjadi olahraga resmi, bahkan profesi. Lihat saja dari cabang olahraga ini dipertandingkan di Asian Games," ujar Kaesang Pangarep seperti dilansir Antara.

"Hobi main terpenuhi, dapat hadiah, jaringan dan pertemanan yang luas, mudah-mudahan prestasi yang lebih tinggi bisa tercapai. Bukan tidak mungkin dengan pembangunan ekosistem, eSports bisa membuka banyak profesi baru di Indonesia," tutupnya.

Terlepas dari itu, eSports memang telah menjadi perhatian khusus Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sempat masuk eksibisi di Asian Games 2018, cabor ini sudah berhasil menunjukan jika Tanah Air memiliki potensi yang besar.

Alhasil, hingga kini telah muncul berbagai tim eSports di Indonesia yang menjadi awal mula munculnya profesi baru untuk para penggila game atau gamers. Tak hanya itu, pemerintah pun turut mendukung perkembangan ajang olahraga ini.

Lewat kompetisi eSports bertajuk Piala Presiden, pemerintah Indonesia berencana melahirkan berbagai atlet eSports berbakat yang mampu bersaing melawan berbagai saingan di kancah Internasional.