eSports

Blibli eSports Championship 2019 Gaet Mahasiswa dan Player Amatir

Sabtu, 7 Desember 2019 16:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Blibli eSports Championship 2019 gaet mahasiswa dan player amatir. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Blibli eSports Championship 2019 gaet mahasiswa dan player amatir.

INDOSPORT.COM - Setelah sukses mendampingi perkembangan olahraga bulutangkis Indonesia lewat Blibli Indonesia Open, kini perusahaan e-commerce itu mulai merambah dunia olahraga elektronik dan menyelenggarakan Blibli eSports Championship 2019.

Menariknya, berbeda dengan turnamen eSports lainnya, Blibli eSports Championship 2019 mematok target peserta dari kalangan mahasiswa dan player game amatir. Adapun game eSports yang dilombakan mulai dari Dota 2, PUBG Mobile, serta Arena of Valor (AOV).

Babak kualifikasi Blibli eSports Championship 2019 telah diselenggarakan di kampus-kampus dan regional Jadetabek sejak Oktober lalu, hingga mencapai babak final pada hari ini, Sabtu (07/12/19) dan Minggu (08/12/19) di Epicentrum Walk, dengan total hadiah sebesar Rp500 juta.

Bukan tanpa alasan jika Blibli melebarkan sayapnya ke dunia eSports. Pasalnya, perkembangan olahraga elektronik di Indonesia sangat menjanjikan, dan kini sudah didukung penuh oleh pemerintah, mulai dari penyelenggaraan cabor eksibisi di Asian Games 2018 hingga Piala Presiden eSports dalam dua tahun terakhir.

"Pemerintah saja sudah mendukung ekosistem eSports, lalu kita pikir, ini saatnya kita menyelenggarakan acara sendiri turnamen eSports," sebut Project Lead BliBli eSports Championship 2019, Lani Rahayu eksklusif kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.com, Sabtu (07/12/19).

"Untuk turnamen pertama tahun ini, kita putuskan ambil dua kategori. Pertama, di kalangan kampus dengan target mahasiswa, dan satunya kategori umum atau amatir," tambahnya.

Babak kualifikasi Blibli eSports Championship 2019 memang telah dilangsungkan sejak Oktober 2019 lalu. Tak hanya mencari bibit player terbaik, Blibli juga menyelenggarakan kompetisi untuk eSports Caster, eSports Ambassador, hingga Coaching Clinic untuk sejumlah universitas.

"Perjalanan kita dari bulan Oktober sampai Desember ini, pihak kampus ternyata sangat terbuka terhadap eSports. Bahkan ada satu kampus yang akhirnya meresmikan UKM eSports, yakni Universitas Pamulang," tutup Lani Rahayu.

Babak final kompetisi Blibli eSports Championship 2019 masih akan dilangsungkan hingga Minggu (08/12/19), dan dapat disaksikan secara langsung di Epicentrum Walk, atau via streaming melalui kanal resmi Blibli.