eSports

Mengenal Bjorn ‘Zeys’ Ong, Si Tangan Dingin Penghasil EVOS Legend

Senin, 9 Desember 2019 18:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Martini/INDOSPORT
Mengenal Bjorn ‘Zeys’ Ong, Si Tangan Dingin penghasil pemain EVOS Legend yang berprestasi di M1 dan SEA Games 2019. Copyright: © Martini/INDOSPORT
Mengenal Bjorn ‘Zeys’ Ong, Si Tangan Dingin penghasil pemain EVOS Legend yang berprestasi di M1 dan SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – Penggemar Mobile Legends tentunya sudah tak asing lagi dengan tim EVOS Legend dari EVOS eSports, yang baru saja menjuarai turnamen dunia Mobile Legends M1 di Malaysia, November lalu. Namun, tak banyak yang tahu jika ada sosok paling berperan dalam kemenangan tersebut, yakni Bjorn ‘Zeys’ Ong.

EVOS Legend adalah tim eSports Mobile Legends asal Indonesia, yang kiprahnya sudah tak diragukan lagi di level nasional maupun internasional. Baru-baru ini, empat pemain EVOS Legend terpilih untuk mewakili Indonesia di SEA Games 2019.

Adapun empat pemain tersebut adalah ‘Donkey’ Yurino, ‘Oura’ Julianto, ‘Rekt’ Gustian, serta ‘Wannn’ Ridwan. Kemampuan mereka membuat Indonesia melaju ke babak final dengan cukup mudah, dan meraih medali perak di SEA Games 2019.

Di balik kepiawaian para pemain, tentu ada sosok pelatih yang berhasil mengeluarkan potensi anak asuhnya. Ia adalah Bjorn ‘Zeys’ Ong, pelatih skuat EVOS Legend yang juga memiliki kiprah luar biasa di dunia eSports.

Selain membawa EVOS Legend menjuarai Mobile Legends Professional League (MPL) season 4, ia juga membawa tim EVOS eSports Sngapura menjuarai kompetisi yang sama, dan kedua tim akhirnya saling adu di M1 2019.

Meski tak mendapat kesempatan untuk mendampingi Yurino dkk. di SEA Games 2019, namun Bjorn ‘Zeys’ Ong justru datang sebagai rival saat melatih Timnas Mobile Legends Singapura, negara kelahirannya.

Menariknya, ia juga turun langsung sebagai pemain di cabor eSports SEA Games 2019, meski di nomor game yang berbeda, yakni Arena of Valor (AOV) mewakili Singapura.

Kegagalan Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2019, membuat fans menyimpulkan jika hal tersebut adalah karena kesalahan pihak Pelatnas yang tak merekrut Bjorn Ong. Padahal, sang pelatih justru ingin mendampingi tim Indonesia dibanding Singapura.

“Sejujurnya, saya akan memprioritaskan tim Mobile Legends Nasional Indonesia, karena saya adalah pelatih mereka bahkan di luar SEA Games,” sebutnya.

Meski demikian, sosok Bjorn ‘Zeys’ Ong tetap mendapat apresiasi di dunia maya maupun dalam kesehariannya, karena telah melahirkan pemain eSports potensial yang tergabung dalam EVOS Legend dan Timnas Mobile Legends Indonesia.