eSports

Dilirik Sebelah Mata, Sekarang Ada Pelatihan Profesi Wasit eSports

Rabu, 5 Februari 2020 20:40 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yohanes Ishak
© Martini/INDOSPORT
Sering dipandang sebelah mata, wasit eSports terbukti bisa memberikan jenjang karir menjanjikan. Copyright: © Martini/INDOSPORT
Sering dipandang sebelah mata, wasit eSports terbukti bisa memberikan jenjang karir menjanjikan.

INDOSPORT.COM - Wasit dalam tiap kompetisi eSports selalu menjadi profesi yang dipandang sebelah mata karena kalah dari atlet. Meski demikian pada kenyataannya juri pertandingan itu juga punya jenjang karir menjanjikan.

Jika bicara tentang eSports khalayak umum pasti yang terlintas di pikiran khalayak umum ialah game, atlet eSports, dan turnamen yang kompetitif. Tapi dalam tiap turnamen itu juga butuh yang namanya wasit sebagai penentu kemenangan.

Peran serta wasit dalam eSports di Indonesia sangatlah penting. Alhasil demi menjaga pertumbuhan yang seimbang dengan atlet, Indonesia eSpors Association (IESPA) menyelenggarakan program eSports Referee Academy.

Dilansir akun Instagram pribadinya, IESPA akan membuat program khusus untuk melatih wasit eSports agar mnjadi penentu pertandingan berkualitas dalam tiap kompetisi dalam dan luar negeri.

"Profesi wasit eSports semakin menunjukan peluang karir yang cerah kedepannya. @iesf_official baru saja merilis berita bagus dengan membuka International eSports Referee Academy yang dilaksanakan Februari 2020 di Busan, Korea Selatan," tulis IESPA dalam caption unggahan.

"Kurikulum dan materi pelatihan disinkronkan dengan publisher-publisher eSports mainstream dengan harapan bisa membuat wasit memiliki standar ideal," tambah tulisan tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indonesia Esports Association (@iespaorg) pada

Tentunya kabar yang telah diunggah IESPA ini menjadi angin segar bagi para penikmat eSports, terutama yang masih ragu dengan pekerjaan apa yang bisa diambil lewat olahraga berdasarkan game ini.

Indonesia sendiri sejatinya sudah memiliki pertumbuhan eSports yang dinilai cukup pesat, lihat saja dengan berbagai atlet eSports yang lahir dalam negeri. Berbagai prestasi pun telah sukses tim eSports Tanah Air raih sebut saja EVOS yang sukses menjuarai Piala Dunia Mobile Legends.

Dengan hadirnya eSports Referee Academy tentunya akan membuktikan jika Indonesia tidak hanya akan mencetak atlet ternama saja, melainkan juga wasit yang bisa mengharumkan bangsa di mata dunia.