eSports

Keren! Bakal Ada Kuliah Jurusan eSports di Filipina

Senin, 24 Februari 2020 17:32 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Variety
Menjadi salah satu profesi menjanjikan, Filipina yang juga notebene tetangga Indonesia ciptakan kurikulum kuliah khusus eSports. Copyright: © Variety
Menjadi salah satu profesi menjanjikan, Filipina yang juga notebene tetangga Indonesia ciptakan kurikulum kuliah khusus eSports.

INDOSPORT.COM - Kini dunia eSports sudah menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Siapa sangka hal ini membuat salah satu negara di Asia Tenggara sekaligus tetangga Indonesia, Filipina ciptakan kuliah jurusan eSports.

Negara yang terkenal sebagai penghasil utama padi tersebut nampak sangat memantau perkembangan eSports sehingga melakukan langkah berani ini. Tier One Entertainment selaku agensi game Filipina kabarnya sedang membuat terobosan.

Agensi yang bermarkas di ibukota Manila, Filipina itu sedang merampungkan konsep kurikulum eSports bersama institusi pendidikan Universitas Filipina. Melansir unggahan akun Instagram Tryke Gutierrez selaku CEO Tier One Entertainment, kurikulum ini sudah lama dirancang.

Nantinya dengan implementasi kurikulum eSports ini, Universitas Filipina bisa mencetak Sarjana atau gelar S1 ilmu pengetahuan eSports dalam kurun waktu empat tahun. Untuk saat ini kabarnya baru akan dibuka dua jurusan yang bisa ditempuh mahasiswa nantinya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tier One Entertainment (@tieroneentertainment) pada

Dua jurusan tersebut ucap Gutierrez ialah ilmu game design dan manajemen eSports. Dirinya pun berharap hal ini bisa memotivasi generasi muda Filipina untuk turut menyemarakan pertumbuhan olahraga berbasis game itu kelak.

Meskipun sangat antusias, Gutierrez memberikan saran jika meskipun kurikulum ini lekat akan peran serta dengan video game, bukan berarti segalanya bisa berjalan mudah. Melalui unggahan Facebook pribadinya, orang nomor satu Tier One Entertainment tersebut menyatakan perlu keseriusan yang tinggi jika ingin lulus dari sana.

Jika Filipina sudah serius menanggapi eSports sebagai salah satu jurusan kuliah, Indonesia nampak masih belum terlalu menanggapi hal tersebut secara serius. Untuk beberapa alasan, kampus Tanah Air yang membuka pendidikan eSports bisa dihitung jari.

Meskipun demikian kabarnya sudah ada beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang melihat kompetisi game eSports sebagai media pembelajaran. Pembahasan eSports sebagai kurikulum kuliah FIlipina mungkin masih angan belaka mengingat pemerintah Indonesia baru akan membuat regulasi hukum industri eSports.