eSports

Tiga Manfaat Positif dari Keaktifan Bermain Game eSports

Selasa, 5 Mei 2020 22:33 WIB
Penulis: Ester Marika | Editor: Yohanes Ishak
© Mobile Legends
game eSports, Mobile Legends yang berguna meningkatkan soft skill Copyright: © Mobile Legends
game eSports, Mobile Legends yang berguna meningkatkan soft skill

INDOSPORT.COM - Industri game eSports kian hari kian berkembang pesat, tapi masih banyak orang tua yang khawatir jika anaknya terlalu tenggelam di dunia gaming maka akan terkena dampak buruk. Siapa sangka, bermain game ternyata bisa meningkatkan soft skill yang belum tentu didapatkan di sekolah formal.

Beberapa kemampuan seseorang akan berkembang lebih baik setelah bermain game eSports. Berikut INDOSPORT beri ulasan mendalam manfaat bermain game eSports.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bermain game eSports bisa melatih seseorang untuk lebih PeDe atau percaya diri. Mengutip dari kanal Connected, pemain yang bermain game eSports akan lebih yakin dalam mengambil risiko, mencoba hal-hal baru, bahkan lebih percaya pada kemampuannya sendiri dalam menghadapi hal - hal yang menantang. 

Kemampuan ini bisa dikembangkan dengan memainkan game battle royale yang menantang seperti PUBG, Call Of Duty dan sejenisnya. 

2. Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Sudah tidak aneh jika pemain dituntut berpikir dalam bermain game eSports. Misalnya saja saat bermain game Mobile Legends, DOTA 2 atau sejenisnya dimana pemain harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengalahkan musuh.

Hal ini tentunya bisa mengasah kemampuan berpikir seseorang dalam memecahkan masalah dimana skill ini sangat penting dimiliki dan berguna di kehidupan sehari - hari. 

3. Membangun Kemampuan Komunikasi

Jika bermain game eSports secara tim, tentunya pemain perlu menjaga komunikasi yang baik agar bisa kompak dengan pemain lainnya dalam mengalahkan musuh. Tentu akan sangat dibutuhkan bagi siapapun yang ingin membangun kemampuan komunikasi yang lebih baik. 

Namun, perlu diingat bahwa pemain tetap harus menjaga tutur lisan yang baik. Jangan sampai kamu dikeluarkan dari tim hanya karena mengucapkan kalimat yang kurang baik, seperti curhatan pro player DOTA 2, Skemberlu yang pernah di unggah di twitternya @skemdota2.