eSports

Pelatih Asing RRQ Asal Singapura James Chen Belajar Puasa Ramadan

Rabu, 6 Mei 2020 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Jawa Pos
Logo tim eSports, RRQ. Copyright: © Jawa Pos
Logo tim eSports, RRQ.

INDOSPORT.COM - Pelatih Mobile Legends dari tim Rex Regum Qeon (RRQ), James Chen, mengaku sedang belajar berpuasa selama masa karantina di Indonesia.

Puasa sendiri merupakan aktivitas tidak makan dan minum sejak waktu subuh hingga terbenamnya matahari. Kegiatan ini termasuk salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan di bulan Ramadan.

Indonesia dengan mayoritas pemeluk agama Islam, sehingga James memberi toleransi kepada para pemain RRQ untuk berpuasa di Gaming House (GH), namun tetap berlatih menjelang pasrtisipasi di turnamen internasional.

Di sisi lain, pelatih berkebangsaan Singapura itu juga mulai belajar untuk berpuasa, atau tidak makan dan minum di hadapan pemain muslim.

"Saya mencoba untuk tidak minum, makan, dan merokok di depan mereka, dan waktu live Instagram juga," ungkap James Chen, Rabu (6/5/20).

Puasa Ramadan dimaknai James sebagai aksi untuk melatih disiplin para pemainnya. Terlebih, RRQ akan bertarung di kompetisi Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2020 dan perlu disiplin diri yang tinggi.

"Jadi (puasa) itu seperti membuat mereka lebih mempunyai disiplin diri, jadi kami tak akan menganggu mereka saat berpuasa," cetusnya.

Lebih lanjut, James Chen juga memberikan suntikan semangat kepada masyarakat Indonesia yang kini tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah situasi pandemi virus Corona.

"Buat semua teman-teman Muslim yang sedang berpuasa sekarang, semangat dan lanjutkan ya, semoga berkah," pungkasnya.

Kurang lebih satu bulan lagi, RRQ akan mewakili Indonesia di ajang MSC 2020. Sehingga, James Chen dan para pemain tidak perlu pulang ke rumah masing-masing. Mereka masih menetap di GH untuk berlatih.