eSports

IESPA Sambut Perkembangan Industri eSports Selama Pandemi

Minggu, 21 Juni 2020 12:36 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Asosiasi eSports Indonesia (IESPA) menyambut baik perkembangan industri olahraga elektronik atau eSports selama pandemi virus corona.

Meski banyak agenda yang harus ditunda atau dibatalkan akibat pandemi corona, banyak pula sisi positif bagi perkembangan dunia eSports di Tanah Air.

Salah satunya, kemampuan para pegiat eSports di Indonesia mulai membenahi kualitas untuk menggelar turnamen secara online, baik di level amatir maupun profesional.

"Selama pandemi, makin banyak turnamen online dan tetap berjalan agenda turnamen walaupun sebelumnya offline, sekarang diubah menjadi online," jelas sektetaris jenderal IESPA, Erlangga Putra, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Perkembangan industri eSports nasional yang kian pesat juga membuat IESPA kian mendapat perhatian khusus, bahkan banyak pihak yang bekerja sama dengan asosiasi untuk mencari bibit-bibit pemain potensial di seluruh Indonesia.

"Kami juga mulai berkolaborasi dengan HIPMI atau Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, untuk menggelar PUBG Mobile Championship yang diselenggarakan oleh Yamisok," imbuhnya.

Popularitas eSports juga kian mentereng setelah banyak atlet profesional maupun atlet nasional yang menjajal berbagai game. IESPA beberapa kali juga mengadakan fun match dengan atlet olahaga dan selebriti.

"Betul, banyak pemain bola bahkan sampai atlet bulutangkis juga bermain game bareng atlet-atlet eSports di setiap harinya," tutup Erlangga.

Dengan pesatnya perkembangan industri eSports Tanah Air, IESPA optimistis hal ini akan berbanding lurus dengan prestasi para atletnya di kancah internasional. Indonesia sendiri boleh dikatakan sebagai salah satu panggung eSports terbaik di level Asia Tenggara.