eSports

PUBG Mobile Diblokir India, Free Fire dan CODM Makin Diminati

Sabtu, 12 September 2020 18:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© HDQWALLS
Gara-gara PUBG Mobile diblokir di India, dua game eSports lainnya jadi 'pelampiasan'. Copyright: © HDQWALLS
Gara-gara PUBG Mobile diblokir di India, dua game eSports lainnya jadi 'pelampiasan'.

INDOSPORT.COM - Game eSports, PUBG Mobile, saat ini sudah tidak bisa dinikmati oleh para gamers asal India. Hal ini dikarenakan pemerintah setempat memutuskan untuk memblokir semua aplikasi asal China. Tentu saja dua game lainnya seperti Free Fire dan Call of Duty Mobile makin diminati.

PUBG Mobile merupakan game bertema battle royale paling laris seantero dunia, termasuk India. Dengan total unduhan dan pengguna aktif mencapai jutaan, larangan dari Kementerian Informasi dan Teknologi India ini menjadi kerugian besar untuk Tencent.

India mengambil langkah tegas dan secara resmi telah melarang PUBG Mobile dimainkan di wilayah mereka. Tak hanya itu, 117 aplikasi dari China secara resmi juga telah dilarang oleh Kementerian Informasi dan Teknologi India pada Rabu (02/09/20).

Langkah yang diambil oleh Kementerian Informasi dan Teknologi ini menyusul ketegangan politik yang terjadi antara India dan China. Seperti diketahui, konflik antara kedua negara memanas dalam beberapa waktu terakhir.

Sepertinya para gamer di India benar-benar mencari pelampiasaan usai dihapusnya PUBG Mobile dari App Store dan Google Play Store India. Pasalnya, game mobile yang memiliki hampir 100 juta pemain di India tersebut kini digeser oleh dua game yang hampir memiliki genre yang sama yaitu Garena Free Fire dan Call of Duty.

Hal tersebut terjadi karena para gamer di India mencari alternatif lain game bergenre battle royale. Berdasarkan data dari Sensor Tower, dalam kurun waktu 2-5 September, Free Fire telah diunduh lebih dari 2,1 juta kali sedangkan Call of Duty menyusul dengan angka 1,2 juta kali unduhan.

Rekor tersebut langsung mengantarkan Garena Free Fire memuncaki game dengan kategori gratis di Play Store India. Selain kedua game eSports tersebut, game kasual Ludo King juga berada di urutan ketiga unduhan teratas di India.

Tentunya hal tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kedua game eSports tersebut, mengingat saingan utama mereka yaitu PUBG Mobile sedang di-banned karena permasalahan keamanan.

Selain PUBG Mobile, aplikasi lain yang diblokir di India antara lain WeChat Work, WeChat, Sina News, Taobao, Youku, Alipay, CamCard, Baidu, Cut Cut, VooV, Tencent Weiyun, Rise of Kingdoms, Zak Zak, dsb.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%