eSports

PUBG Mobile Putus Hubungan Dengan Tencent Agar Bisa Beroperasi di India

Sabtu, 12 September 2020 03:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Indra Citra Sena
© Opindia
PUBG Mobile Putus Hubungan Dengan Tencent Agar Bisa Beroperasi di India Copyright: © Opindia
PUBG Mobile Putus Hubungan Dengan Tencent Agar Bisa Beroperasi di India

INDOSPORT.COM - Game eSports PUBG Mobile belakangan dikabarkan telah memutuskan hubungan dengan Tencent Games selatuh perusahaan yang membawahi mereka agar bisa beroperasi di India.

PUBG Mobile merupakan game bertema battle royale paling laris seantero dunia, termasuk India. Dengan total unduhan dan pengguna aktif mencapai jutaan, larangan dari Kementerian Informasi dan Teknologi India ini menjadi kerugian besar untuk Tencent.

India mengambil langkah tegas dan secara resmi telah melarang PUBG Mobile dimainkan di wilayah mereka. Tak hanya itu, 117 aplikasi dari China secara resmi juga telah dilarang oleh Kementerian Informasi dan Teknologi India pada Rabu (2/9/20).

Langkah yang diambil oleh Kementerian Informasi dan Teknologi ini menyusul ketegangan politik yang terjadi antara India dan China. Seperti diketahui, konflik antara kedua negara memanas dalam beberapa waktu terakhir.

Menanggapi pemblokiran ini, pihak PUBG Corporation mengatakan bahwa mereka tengah mencari jalan tengah agar PUBG Mobile bisa kembali digunakan oleh para pemain di India.

Salah satu caranya adalah dengan mengambil kembali hak waralaba PUBG Mobile dari Tencent  untuk menjadi penerbit wilayah India.

Tencent yang notabene perusahaan China, membeli sebagian besar saham Blue Hole (induk PUBG) dan PUBG Corporation. Mereka kemudian mendistribusikan PUBG Mobile di Google Play Store dan App Store, termasuk wilayah India.

Ke depannya, PUBG Corporation akan mengambil alih semua tanggung jawab penerbitan game PUBG Mobile di negara tersebut dari Tencent. Sebagai informasi, Game tersebut sendiri adalah versi seluler dari Playerunknown’s Battleground (PUBG).

"PUBG Corporation sepenuhnya memahami dan menghormati tindakan yang diambil oleh pemerintah karena privasi dan keamanan data pemain adalah prioritas utama perusahaan," tulis pihak PUBG Corporation di halaman PUBG.com

Selain PUBG Mobile, aplikasi lain yang diblokir di India antara lain WeChat Work, WeChat, Sina News, Taobao, Youku, Alipay, CamCard, Baidu, Cut Cut, VooV, Tencent Weiyun, Rise of Kingdoms, Zak Zak, dsb.

Pemain PUBG Mobile di India kini masih bisa memainkan game tersebut apabila sudah terinstal di ponsel. Namun, pemain tidak akan bisa mendapatkan update terbaru karena telah dipastikan hilang dari Google Play Store dan App Store khusus wilayah sana.