eSports

Reza Arap hingga Caster MPL Galang Dana untuk Korban Banjir Kalsel

Sabtu, 16 Januari 2021 10:46 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sejumlah pegiat eSports, termasuk Reza 'Arap' Oktovian, turut empati atas musibah banjir yang menimpa wilayah Kalimantan Selatan, Jumat (15/01/21).

Kalimantan Selatan mengalami banjir akibat curah hujan yang tinggi dan fenomena air pasang. Banjir ini menerpa hampir seluruh kabupaten, paling parah yakni di Hulu Sungai Tengah, Tanah Laut, dan Kabupaten Banjar.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui pernyataan resmi menyatakan bahwa tinggi air variatif di berbagai daerah, dan paling parah hingga mencapai 3 meter.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut melaporkan saat ini kondisi banjir masih terjadi, bahkan tingginya beragam mulai dari 1,5 sampai 2 meter," sebut Raditya Jati.

Musibah ini memantik perhatian sejumlah influencer dan mulai menggalang dana, seperti Rachel Vennya, Fadil Jaidi, dan Tsana 'Rintik Sendu'. Dari ranah eSports juga hadir sosok Reza 'Arap' Oktovian.

Namun, tak seperti Rachel Vennya dkk yang menggalang dana lewat kanal Kitabisa.com, Reza 'Arap' Oktovian punya cara tersendiri untuk melibatkan fansnya dalam berdonasi, lalu disalurkan ke korban banjir di Kalsel.

"Ya, saya mendengar tentang Kalimantan Selatan. Saya akan melakukan live streaming untuk mereka," ujar Reza Arap melalui akun Twitter @ybrap.

"Semua donasi akan ditransfer ke rekening bank saya sendiri dan saya akan bagikan semuanya, tanpa potongan. Saya akan mendonasikan milik saya juga. Tim saya siap untuk mendistribusi," kata Reza menambahkan.

Selain Reza Arap, salah satu caster Mobile Legends di MPL Indonesia, Fahmi 'Kornet' Maulana, turut menyatakan empati atas musibah banjir di Kalimantan Selatan, yang notabene adalah kampung halamannya.

"Jangan cuma Corona aja yang diurus, banjir diabaikan #prayforkalsel," ujar Fahmi 'Kornet' menyampaikan kritiknya.

Sebelumnya, penggawa Barito Putera seperti Rizky Pora dan Muhammad Rafli Ariyanto mengaku turut terkena imbas banjir yang sudah menggenang di ibu kota Banjarmasin.