eSports

Kalahkan Tim Favorit, Tundra Esports Menangi The International 11 Dota 2

Senin, 31 Oktober 2022 15:45 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@dota2
The International 11 resmi telah berakhir dengan melahirkan pemenang baru, Tundra Esports, setelah menumbangkan tim-tim unggulan. (Foto: Instagram@dota2) Copyright: © Instagram@dota2
The International 11 resmi telah berakhir dengan melahirkan pemenang baru, Tundra Esports, setelah menumbangkan tim-tim unggulan. (Foto: Instagram@dota2)

INDOSPORT.COM - The International 11 resmi telah berakhir dengan melahirkan pemenang baru, Tundra Esports setelah menumbangkan tim-tim unggulan.

Setelah berhadapan dengan pandemi selama beberapa tahun terakhir, salah satu perhelatan akbar event eSports terbesar, The International (TI), akhirnya terhelat secara langsung dihadiri penonton.

Menariknya, gelaran The International 2022 kali ini untuk pertama kalinya tampil di kawasan Asia Tenggara, yakni di Singapura.

Sebelum-sebelumnya, The International kerap kali terhelat di kawasan Europa dan China karena banyaknya penggemar Dota 2 berada di kawasan tersebut.

Sayangnya The International 2022 yang terhelat di Singapura sempat mendapatkan kritik karena kualitas penayangan dan panggung. 

Tetapi kekurangan tersebut terbayar lunas dengan penampilan setiap tim yang bertanding pada rangkaian Main Event The International 2022 yang terhelat sejak tanggal 20-29 Oktober lalu.

Pada babak grand final sendiri pada 30 Oktober 2022, penggemar juga berhasil disuguhkan pertandingan menarik antara dua finalis, yakni Tundra Esports menghadapi Team Secreat.

Meski berangkat dari posisi upper bracket, tim Tundra Esport awalnya tidak terlalu dijagokan karena hadirnya tim seperti PSG LGD, OG, Team Liquid, dan Team Secret hadir sebagai pesaingnya.

Namun Tundra Esports berhasil membuktikan dirinya merupakan tim elite Dota 2 karena berhasil mengalahkan OG, Team Aster, dan Team Secret untuk meraih posisi di final.

Bahkan di laga final, Tundra Esport berhasil membungkam Team Secret untuk kedua kalinya meski tampil tidak diunggulkan.