eSports

Misi Mulia Piala Presiden Esports 2023 Majukan Industri Pengembang Game Lokal

Jumat, 6 Oktober 2023 16:44 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Piala Presiden Esports
Diskusi Piala Presiden Esports 2023 di SMKN 1 Ciomas. Copyright: © Piala Presiden Esports
Diskusi Piala Presiden Esports 2023 di SMKN 1 Ciomas.

INDOSPORT.COM - Kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports (PPE) 2023 rupanya tak cuma memiliki misi sebagai ajang buat mencari talenta baru dalam skena kompetitif Tanah Air.

Turnamen ini juga menunjukkan bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia mampu buat menggelar turnamen dengan skala yang sangat besar. Kira-kira begitulah fokus Piala Presiden Esports selama lima tahun penyelenggaraannya.

Sejak pertama kali berlangsung pada 2019, turnamen ini berhasil menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki SDM bertalenta di dalam industri eSports yang kini tengah berkembang dengan sangat pesat. 

Tak hanya terbatas sebagai pemain yang berlaga di panggung saja, SDM berkualitas asal Indonesia banyak terlibat dan berkarya di belakang layar Piala Presiden Esports demi memastikan penyelenggaraan dapat berjalan dengan lancar setiap tahunnya.

Sejalan dengan visi dan misi untuk memajukan Sumber Daya Manusia unggul di bidang esports, Piala Presiden Esports 2023 juga merangkul talenta muda di bidang animasi, broadcasting, dan pengembangan gim lokal. 

Demi tercapainya misi tersebut, Kantor Staf Presiden RI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek), dan KINCIR mengadakan Esports Next serta kunjungan kinetik ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ciomas.

“Esports merupakan salah satu industri yang memiliki perkembangan paling pesat di Indonesia, lewat berbagai prestasi yang berhasil dicapai oleh atlet eSports Indonesia," kata Tenaga Ahli Utama Bid. Olahraga dan Pemuda Kantor Staf Presiden RI, Agung Hardjono. 

"Pemerintah RI terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem industri esports dan gim nasional, agar berdampak positif dan added-value bagi bonus demografis Indonesia," cetusnya.

Diskusi terbuka di SMKN 1 Ciomas merumuskan dukungan berkelanjutan kepada guru maupun staf pengajar di SMKN 1 Ciomas, demi meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di SMKN 1 Ciomas. 

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan yaitu sejumlah laptop dan perangkat pendukung untuk jurusan PPLG dengan total senilai Rp100 juta.

SMKN 1 Ciomas merupakan salah satu sekolah kejuruan unggul di Bogor, Jawa Barat yang berdiri sejak 2007 dan memiliki beberapa program unggulan. 

Program itu berkaitan dengan potensi profesi yang ada di industri eSports Tanah Air. Misalnya program keahlian animasi, produksi, dan siaran program televisi, serta pengembangan perangkat lunak dan gim.

Program pengembangan perangkat lunak-gim (PPLG) baru digagas SMKN 1 Ciomas sekitar dua tahun lalu. Jurusan ini mempelajari pengembangan software meliputi pembuatan, pemeliharaan, hingga manajemen kualitas. 

Selain itu, siswa-siswi yang memilih jurusan ini juga mendapatkan pelajaran tentang berbagai bahasa pemrograman. Diharapkan lulusan jurusan PPLG melahirkan sumber daya terampil di bidang teknologi, termasuk dalam industri gim lokal yang kini tengah berkembang. 

Di sisi lain, siswa-siswi SMKN 1 Ciomas juga diajak berbincang dengan Lokapala dan Battle of Guardians sebagai dua gim yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023.

Diskusi ini memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk berdiskusi secara langsung dengan para aktor yang terjun langsung di industri eSports Tanah Air. 

Beberapa topik yang diangkat adalah proses pembuatan animasi karakter dalam game Lokapala dan Battle of Guardians, beserta proses kreatif di balik tayangan Piala Presiden Esports 2023.  

Turnamen Piala Presiden Esports 2023 akan segera memasuki babak main event, yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat. 

Puncak acara Piala Presiden Esports 2023 akan berlangsung pada 21-22 Oktober yang tak hanya menawarkan pertandingan sengit, melainkan juga berbagai pertunjukan hiburan, mulai dari band performance hingga celebrity fun match.