Profil dan Agama Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Muda Cetak Sejarah ke Olimpiade

Selasa, 3 Oktober 2023 21:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Vidio.com
Rifda Irfanaluthfi saat meraih medali emas untuk Indonesia di SEA Games. Kini ia pastikan lolos ke Olimpiade 2024. Copyright: © Vidio.com
Rifda Irfanaluthfi saat meraih medali emas untuk Indonesia di SEA Games. Kini ia pastikan lolos ke Olimpiade 2024.

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Rifda Irfanaluthfi, atlet kelahiran Jakarta yang sukses mengukir sejarah sebagai pesenam pertama Indonesia yang lolos ke Olimpiade.

Rifda Irfanaluthfi pastikan satu tiket ke Olimpiade 2024 setelah tampil apik di World Artistic Gymnastics Championships 2023 di Antwerp, Belgia, Senin (2/10/23).

Rifda Irfanaluthfi meraih tiket ke Olimpiade Paris melalui jalur realokasi tuan rumah. Prancis sebelumnya telah meraih tiket lebih dulu melalui nomor beregu putri.

Berdasarkan regulasi, pesenam yang lolos ke Olimpiade adalah mereka yang menghuni 14 besar. Namun, posisi ini tidak termasuk 12 negara yang sudah meraih tiket di nomor beregu.

Pada ajang World Artistic Gymnastics Championships 2023, Rifda Irfanaluthfi sebenarnya menempati peringkat ke-52.

Hanya saja, karena pesenam dari 12 negara tidak dihitung, dan setiap negara hanya bisa mengirim satu wakilnya, maka peringkat Rifda pun naik ke posisi 15.

Rifda akhirnya lolos ke Olimpiade Paris 2024 usai mendapatkan realokasi tiket Prancis yang sudah mendapatkan jatah tiket sebagai tuan rumah.

Dengan demikian, Rifda Irfanaluthfi resmi mengukir sejarah sebagai pesenam pertama Indonesia yang akan tampil di olimpiade.

Sebelumnya, sudah ada 4 atlet Indonesia yang meraih tiket ke Olimpiade 2024, yakni Arif Dwi Pangestu (panahan), Desak Made Rita Kusuma (panjat tebing), dan Eko Yuli Irawan (angkat besi).

Tetapi Rifda Irfanaluthfi menjadi primadona karena pencapaiannya yang luar biasa di usia muda. Berikut INDOSPORT merangkum profil pesenam kebanggaan Indonesia tersebut.