x

FIFA Cari 24 Pemain eFootball Terbaik Dunia, Ini Wakil Indonesia

Jumat, 23 April 2021 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - FIFA baru saja merilis gelaran FIFA eNations Series 2021, sebagai bagian dari kompetisi baru. FIFA eNations Series akan menampilkan 60 negara dari lima zona berbeda, termasuk Indonesia.

Kompetisi FIFA eNations Series 2021 ini akan menentukan negara mana saja yang memenuhi syarat untuk lolos ke partai puncak, FIFA eNations Cup, pada 20-22 Agustus 2021 di Kopenhagen, Denmark.

FIFA eNations Cup ini menghadirkan hadiah sebesar USD 500,000, angka yang sangat fantastis, tapi hanya diikuti oleh 24 tim saja. Dari 60 negara yang sudah berpartisipasi, apakah Indonesia bisa lolos ke 24 besar?

Baca Juga
Baca Juga

FIFA eNations Series 2021 ini akan dimulai dengan babak kualifikasi online meliputi lima zona berbeda, yaitu Asia-Oseania, Amerika Selatan, Amerika Utara-Tengah, Timur Tengah-Afrika, dan Eropa sebagai peserta terbanyak.

Kualifikasi online akan dimulai pertama kali di Amerika Selatan pada hari ini, 23 April, dan berakhir di Eropa pada 23 Mei mendatang.


1. Tentang FIFA eNations Series 2021

Muhammad 'Chanks' Zulisar memenangkan ePiala Indonesia.

Wakil Indonesia di FIFA eNations Series 2021

Selanjutnya, setiap negara harus memilih dua pemain sebagai perwakilan. Cara untuk memilih perwakilan negara, diserahkan ke masing-masing federasi. Kalau di Indonesia, ada kualifikasi terbuka yang digelar April lalu.

Kemudian, Muhammad 'Chanks' Zulisar terpilih sebagai pemenang pertama. Chanks menjuarai ePiala Indonesia 2021, turnamen resmi dari EA sebagai developer game FIFA yang bekerja sama dengan federasi PSSI.

Keberhasilan itu membuat Chanks berhak membawa pulang hadiah Rp50 juta, plus satu dari empat spot di Timnas Indonesia untuk tampil di FIFA eNations Series 2021.

"Alhamdullilah, yang pasti pertama senang sih bisa menjadi perwakilan pemain Timnas eFootball nanti, yang akan bertanding di FIFA eNations," ujar Muhammad Zulisar 'Chanks' saat dihubungi awak redaksi INDOSPORT.

Lokasi eNations Cup Berdasarkan Zona FIFA

Selain menjadi tuan rumah FIFA eNations Cup 2021, Denmark juga secara otomatis lolos ke turnamen tersebut. Artinya, negara Skandinavia tersebut tidak berpartisipasi dalam kualifikasi online di zona Eropa.

Dengan lolosnya Denmark secara otomatis ke FIFA eNations Cup, artinya kini hanya ada 23 slot yang tersisa untuk diperebutkan oleh 59 negara lainnya dari seluruh penjuru dunia.

Setiap zona memiliki jumlah slot kualifikasi khusus. Eropa memiliki slot terbanyak, sebab mereka menggelar kualifikasi di 11 tempat berbeda. Sementara itu, zona Asia-Oseania masing-masing memiliki lima lokasi saja.

Di Amerika Selatan, hanya tiga negara yang bisa lolos ke FIFA eNations Cup 2021. Lalu Amerika Utara-Tengah hanya dua slot, begitu juga dengan zona Timur Tengah-Afrika.

FIFAIndonesiaeSportsBerita OlahragaBerita eSports

Berita Terkini