Piala AFF 2017

Terkuak, Penyebab Tersingkirnya Timnas Futsal dari Piala AFF 2017

Senin, 30 Oktober 2017 10:01 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Lanjar Wiratri
© aseanfootball.org
Timans Futsal Indonesia saat bertemu Vietnam. Copyright: © aseanfootball.org
Timans Futsal Indonesia saat bertemu Vietnam.

Nasib kurang baik dialami Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia sepanjang 2017. Setelah gagal total di SEA Games 2017, Skuat Garuda, julukan Timnas, juga tersingkir lebih awal dari Piala AFF Futsal 2017 Vietnam.

Langkah pasukan Victor Jacobus Hermans terhenti di babak penyisihan setelah kalah 2-3 dari Myanmar, Minggu (29/10/17). Dengan hasil itu, Timnas Futsal bercokol di peringkat ketiga dengan enam poin.

Timnas terpaut tiga poin dari dua tim di atasnya. Yaitu, Vietnam dan Myanmar. Menyisakan satu partai lagi, Skuat Garuda sudah otomatis pulang ke Tanah Air lebih cepat. Sebab, Bambang Bayu Saptaji telah memainkan seluruh pertandingan di Grup A.

© @AFFPresse
Vic Hermans resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Futsal Indonesia. Copyright: @AFFPresseVic Hermans resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Futsal Indonesia.

“Kami kalah dalam permainan satu lawan satu ataupun individual dengan Myanmar. Seperti saat kami melawan Vietnam sebelumnya,” ujar Vic dinukil dari laman resmi AFF.

© aseanfootball.org
Timans Futsal Indonesia saat bertemu Vietnam. Copyright: aseanfootball.orgTimans Futsal Indonesia saat bertemu Vietnam.

"Ini adalah harga yang kami bayar saat kami hanya berlatih berbulan-bulan tanpa memainkan pertandingan. Kami hanya kurang dalam pertahanan," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Timnas Futsal menggelar pemusatan latihan di Lombok, Nusa Tenggara Barat dalam rangka persiapan menuju Piala AFF 2017. Namun, ketiadaan partai latih tanding menjadi pekerjaan rumah terberat yang dibawa Vic ke Vietnam.

Alhasil, Timnas Futsal terpaksa mengemas koper lebih cepat dari Vietnam. Padahal awalnya, Skuat Garuda menargetkan melaju hingga babak semifinal.
 

27