Ahmad Yani, Pahlawan Revolusi yang Cinta Olahraga Golf

Minggu, 30 September 2018 13:16 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Jenderal Ahmad Yani. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Jenderal Ahmad Yani.

INDOSPORT.COM - Tidak banyak yang tahu bahwa Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani memiliki kecintaan pada dunia olahraga.

Dalam perjalanannya sebagai sebuah negara merdeka, Indonesia harus melalui jalan yang panjang dan berliku. Berbagai peristiwa besar pun mengiringi perjalanan Tanah Air hingga kini.

Salah satu peristiwa besar yang pernah mengiringi langkah Indonesia adalah peristiwa 30 September 1965 atau yang saat ini lebih banyak diketahui sebagai peristiwa G30S.

Dalam peristiwa tersebut, sejumlah putra terbaik Tanah Air harus kehilangan nyawanya. Mereka adalah Donald Ifak Panjaitan, M.T. Haryono, Piere Tendean, Siswono Parman, Suprapto, Sutoyo Siswomiharjo, dan Ahmad Yani.

Terlepas dari sejarah memilukan itu dan masih banyak perdebatan soal kejadian yang sesungguhnya dalam peristiwa G30S, salah satu Pahlawan Revolusi, Ahmad Yani diketahui memang cukup lekat dengan dunia olahraga. Ada beberapa cabang olahraga yang kerap dilakukan Ahmad Yani di kesehariannya, seperti renang, golf, tenis, dan pingpong.

“Bapak senang main golf, berenang, main tenis, kadang juga main ping pong," ujar Amelia A Yani seperti dikutip dari Okezone.