Diikuti 11 Negara, Indonesia Akan Gelar Turnamen Golf Internasional

Rabu, 24 Oktober 2018 02:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Mudjo Suwarno, selaku Ketua Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI) saat konferensi pers di Kantor Kemenpora. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Mudjo Suwarno, selaku Ketua Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI) saat konferensi pers di Kantor Kemenpora.

INDOSPORT.COM - Indonesia akan menggelar turnamen golf bertajuk Piala Menpora 2018 di Lapangan Golf Emeralda, Cibinong, Jawa Barat, pada 25-27 Oktober.

Dilaporkan, ada 11 negara termasuk Indonesia yang ajan berpartisipasi pada kejuaraan tahun ini atau edisi ketiga. Adanya peserta dari luar negeri merupakan yang pertama kalinya selama Piala Menpora digelar sejak 2016.

Selain itu ada 144 pegolf yang ikut bertanding di Piala Menpora dan mereka akan memperebutkan enam kategori juara yakni 3 juara terbaik putra dan 3 terbaik putri.

Menariknya lagi, para juara juga memiliki kesempatan tampil dikejuaraan yang levelnya lebih tinggi di Jepang, Korea Selatan dan Australia yang memiliki bobot penilaian A oleh World Amateur Gol Ranking (WAGR).

"Kami juga mendatangkan atlet Indonesia yang mengikuti Asian Games 2018. Nantinya, hanya 36 pegolf yang bisa lolos ke partai final,” kata Mudjo Suwarno selaku Ketua Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI) di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

"Turnamen yang kami pilih untuk enam pegolf terbaik, pastinya memiliki bobot penilaian kategori A oleh Badan Dunia Amatir Golf (WAGR)," imbuhnya.

Sementara itu, Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta berharap ada pegolf unggul yang lahir dari Piala Menpora. Ia mengatakan Indonesia memiliki banyak padang golf dan juga atlet. 

Namun minim kompetisi, sehingga adanya turnamen Piala Menpora diharapkan bisa menjadi stimulus kelahiran atlet golf Indonesia.

"Piala golf Menpora ini diikuti rata-rata usia muda, dan ini merupakan tahun ketiga dimana ada lonjakan peserta yang bagus peserta. Ini kesempatan buat melebarkan saya bagi atlet untuk ke melangkah ke Asia Pacifik dan nanti juga ada atlet kita yang kemarin ikut  golf di Youth Olympic Games di Argentina," katanya.

Pada Piala Menpora tahun ini, Indonesia akan menurunkan sejumlah atlet muda seperti Nara Ajie, Kevin Akbar, Almay Rayhan dan Marcella Pranovia hingga Ribka Vania yang baru saja ikut Youth Olympic Games 2018.

Ikuti Terus Perkembangan Olahraga Golf dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.