Pegulat Roxana Andreea Ungkap Kesan Jalani Puasa Usai Mualaf

Senin, 18 Mei 2020 16:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pegulat gaya bebas kelahiran Rumania Nastrusnicu Roxana Andreea mengungkapkan kesan bagaimana jalani ibadah puasa usai jadi mualaf.

Roxana Andreea diketahui lahir pada 13 Januari 1989 silam (31 tahun). Selain itu Roxana Andreea juga merupakan putri bungsu dari tiga bersaudara.

Roxana Andreea telah menjadi seorang muslimah usai menikah dengan atlet gulat Banjarmasin Indra Satria Prakasa beberapa tahun lalu.

Usai mantap menjadi perempuan mualaf, tentu saja Roxana harus menunaikan ibadah wajib ataupun sunah yang memang ada dalam ajaran agama Islam.

Salah satunya ialah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Apalagi puasa menjadi sebuah ibadah wajib bagi umat muslim tiap tahun.

Roxana menjelaskan kalau dirinya ternyata sempat menjalani ibadah puasa kala masih mengikuti keyakinan yang lama. Namun tetap ada perbedaan.

"Pertama kali saya puasa (sebulan), ya, berat. Di agama yang lama memang ada juga puasa. Tapi tak lama, cuma sehari atau tiga kali seminggu," kata Roxana kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Senin (18/05/20).

Menurutnya ibadah puasa dalam mengontrol berat badan yang menjadi salah satu musuh bagi atlet gulat agar tidak memiliki postur berlebihan.

© Facebook/Nastrusnicu Roxana
Pegulat wanita gaya bebas Nastrusnicu Roxana Andreea yang menjadi seorang mualaf dan telah dinaturalisasi. Copyright: Facebook/Nastrusnicu RoxanaPegulat wanita gaya bebas Nastrusnicu Roxana Andreea yang menjadi seorang mualaf dan telah dinaturalisasi.

Kendati demikian, ibu dengan satu anak ini mengaku tak ada kesulitan dalam menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh setelah memeluk agama Islam.

"Karena saya sudah niat dari hati mau ikut (puasa) dan alhamdulillah sudah bisa full tahun demi tahun," sambung Roxana tanpa ragu.

Roxana sempat pula tak menjalani ibadah puasa ketika tengah dalam masa menstruasi atau saat hamil anak pertama. Tetapi semua itu sudah diganti.

Pasca menjadi seorang muslimah, Andreea mengaku sangat bahagia sekali dan hati jadi lebih tenang. Bahkan dunia gulat yang ditekuni juga tak mengalami banyak masalah.

Andreea saat ini telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) atau dinaturalisasi dari Rumania sejak beberapa tahun lalu dan tinggal di Banjarmasin.

Saat ini diketahui Andreea bekerja sebagai pegawai honorer di Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan (Dispora Kalsel) sejak akhir 2018.