Kisah Andre The Giant, Si Pegulat Raksasa Mantan Bodyguard PSK

Selasa, 30 Juni 2020 21:06 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© WWE
Andre The Giant. Copyright: © WWE
Andre The Giant.

INDOSPORT.COM – Jika Anda penggemar olahraga gulat, pasti tak asing dengan nama André René Roussimoff atau Andre The Giant, yang dikenal sebagai sosok pegulat raksasa.

Andre merupakan sosok pegulat yang melegenda di era 1970-an atau sebelum ajang gulat seperti WWE (dulu bernama WWWF) terkenal seperti saat ini, lantaran memiliki tubuh yang amat besar seperti raksasa.

Andre lahir pada 19 Mei 1946, di mana ibunya sempat kesulitan saat melahirkannya lantaran ia lahir dengan berat lebih dari 5,8 kilogram. Ia merupakan anak dari keluarga yang berkecukupan, dengan orangtuanya berprofesi sebagai petani yang buta huruf.

Meski menjalani hidup normal seperti anak-anak lainnya, namun ternyata Andre memiliki kelainan yang disebabkan oleh kelenjar pituitari atau kelenjar otak yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan fisik yang kurang baik hingga menimbulkan penyakit langka yang disebut Gigantisme.

Hal ini sempat membuatnya menemui kesulitan dengan harus mengeluarkan hal ekstra seperti memesan dua tiket hanya untuk dirinya, tak boleh menunggang kuda, memencet tombol dengan alat khusus karena tangannya terlalu besar dan hal lainnya.

Kemudian pada usia 14 tahun ia memutuskan untuk pergi ke pusat kota Prancis untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Di sinilah awal karier gulatnya dimulai, setelah ia bertemu dengan promotor tenama, Robert Lageat.

Awal Mula Berkarier Sebagai Pegulat

Kala itu gulat menjadi olahraga yang paling digemari di Prancis. Si remaja raksasa yang baru berusia 18 tahun itu semula tak mengerti apapun tentang bela diri ini, namun ia memiliki tekad yang kuat dan akhirnya memutuskan untuk pindah ke Paris untuk menggelutinya.

Sayangnya, semua tak berjalan mulus. Pada 1965, ia terpaksa hidup di jalanan dan melakukan banyak pekerjaan fisik salah satunya ialah menjadi body guard para PSK di distrik Pigalle.

Setelah satu tahun hidup di jalanan, ia memutuskan untuk mengikuti laga gulat pertamanya. Bakat alaminya pun membawa ia dalam pintu kesuksesan, dengan memiliki nama panggung ‘Le Grand Ferre’ yang terinspirasi dari dongeng tentang si penebang pohon yang mampu menewaskan 85 musuh dengan kapaknya.

Ia pun terus menjalani kehidupannya yang sukses dengan melakukan tur di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Afrika, Jepang dan Timur Tengah, sebelum akhirnya menetap di Amerika.

Gabung WWE dan Menjadi Seorang Aktor

Andre kemudian memulai debutnya di New York pada 1973 dan bertemu dengan promotor ternama Vince McMahon Sr, yang memiliki ajang WWWF (saat ini dikenal sebagai WWE) dan langsung mengontraknya serta melakukan debut di tahun yang sama.

Ia kemudian melebarkan sayapnya dengan menjadi seorang aktor, untuk membintangi beberapa film seperti The Six Million Dollar Man, The Greatest American Hero, The Princess Bride dan sejumlah tayangan terkenal lainnya.

Terlepas dari ukuran dan berat badan tubuhnya yang mencapai 236 kilogram dan tinggi sekitar 2,2 meter, Andre The Giant merupakan sosok pegulat yang santun dan lembut hatinya. Ia kerap berkata "Jika saya ceroboh, maafkan saya, dan tolong, jangan sakiti saya!" kepada lawan veterannya.

Hebat di atas arena tarung dan santun di luar laga membuat ia memiliki banyak teman dari sejumlah kalangan seperti Hulk Hogan, dan Ric Flair, juga aktor Robin Wright dan Billy Crystal.