Sukses Gelar AHF Cup, Indonesia Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Asia Hoki 2022

Senin, 21 Maret 2022 12:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media PP FHI
PP FHI meluncurkan logo baru turnamen Piala Asia Hoki 2022. Copyright: © Media PP FHI
PP FHI meluncurkan logo baru turnamen Piala Asia Hoki 2022.

INDOSPORT.COM - Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (FHI) sukses menggelar kejuaraan Men's AHF Cup (Piala AHF Putra) 2022, 11-20 Maret kemarin. Inilah single event pertama level Asia yang bergulir di Tanah Air untuk cabang olahraga hoki. 

Kesuksesan Piala AHF Putra ternyata membawa berkah tersendiri bagi FHI. Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah dengan level lebih tinggi oleh Federasi Hoki Asia (AHF), yakni Piala Asia Hoki Putra 2022, pada Mei mendatang.

Kepastian tersebut disambut dengan baik oleh Ketua Umum PP FHI, Budi Sulistijono. Dia berjanji Indonesia bakal lebih optimal sebagai tuan rumah di Piala Asia Hoki Putra 2022.

"Saya menerima perintah dari AHF untuk menggelar Piala Asia Hoki 2022 yang dilakukan pada 23 Mei sampai 1 Juni 2022," kata Budi Sulistijono ketika ditemui di Lapangan Hoki GBK, Minggu (20/3/22). 

"Tentu suatu kehormatan luar biasa bagi kami untuk menggelar single event yang terbesar di Asia. Kami ingin sukses menggelar Piala Asia Hoki 2022 dan tentu saja ingin mendapatkan prestasi," tambahnya.

Demi mewujudkan tekad tersebut, PP FHI pun bersiap mengirim para atlet untuk menjalani pemusatan latihan di Malaysia selama dua bulan. Total 22 pemain akan dibawa yang dipilih dari skuat Piala AHF Putra 2022.

Nantinya, akan terpilih 18 pemain yang dipersiapkan menuju turnamen di Thailand sebelum tampil di Piala Asia Hoki 2022.

Namun, PP FHI terlebih dulu melakukan evaluasi atas hasil pasukan Dharmaraj di Piala AHF Putra 2022. Mereka gagal memenuhi target semifinal lantaran tim Merah Putih hanya finis di urutan ketujuh.

"Kami akan berencana untuk TC dua bulan di Malaysia karena di sana cukup banyak klub hoki yang mempunyai kemampuan di atas ke depan," cetus Budi.

"Kami akan mempersiapkan atlet sebaik mungkin untuk tampil maksimal di Piala Asia Hoki 2022," imbuh perwira tinggi TNI berpangkat Mayjen itu.