Komunitas Sehat

Tips Sehat Menahan Pipis Saat Nonton Avengers: Endgame

Rabu, 24 April 2019 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Terdapat beberapa tips sehat agar Anda tidak terganggu oleh hasrat ingin pipis di tengah-tengah serunya menonton film seri Marvel terbaru, Avengers: EndGame, di bioskop.

Avengers: EndGame akhirnya resmi tayang hari ini, Rabu (24/04/19) di seluruh bioskop di seluruh Indonesia dan secara resmi internasional dua hari kemudian. Bagi para penggemar film Marvel, film dianggap sebagai seri terlama di antara seri sebelumnya karena durasinya mencapai 3 jam 1 menit.

Keinginan untuk pipis, terutama jika Anda termasuk tipe penonton yang kerap bolak-balik ke toilet, akan menjadi kendala utama. Apalagi, mengingat ruangan bioskop yang ber-AC, ditambah suasana tegang selama film tersebut berlangsung.

Sebenarnya, kebiasaan ini bisa dicegah dengan tidak mengonsumsi minuman terlalu banyak. Namun, mengingat lamanya durasi film ini, para penonton sangat dianjurkan untuk tetap minum agar tidak dehidrasi.

Nah, Indosport memiliki kiat-kiat sehat untuk menahan pipis selama tiga jam ke depan. Kiat-kiat yang dinukil dari laman Future of Personal Health ini semoga bisa membantu Anda menuntaskan film Avengers: EndGame tanpa kebelet pipis:

1. Tetap diam saat duduk atau berdiri. Hindari terlalu banyak bergerak atau berlari ketika Anda ingin ke kamar mandi sebelum masuk ke bioskop. Pasalnya, pergerakan ini bisa membuat kandung kemih semakin sering berkontrasi dan latihan dasar panggul menjadi kurang efektif. Akibatnya, Anda akan sering kebelet pipis.

2. Lakukan enam kali latihan kontraksi otot dasar panggul, yakni dengan menahan panggul selama dua detik. Dengan latihan ini, maka dasar panggul Anda akan cukup kuat untuk menghentikan kandung kemih Anda berkontraksi.

3. Jangan memikirkan kamar mandi. Otak memang selalu lemah dengan sugesti. Maka dari itu, daripada memikirkan ingin ke kamar mandi, pikirkan topik  lain yang lebih membantu Anda menahan pipis.

Misalnya, pikirkan menu makan yang akan Anda santap usai nonton Avengers: EndGame, menghafalkan lagu – lagu asing, menghafalkan doa, atau menghitur mundur.

4. Ambil dua tarikan nafas dalam-dalam dengan napas panjang untuk mengirim respon relaksasi ke kandung kemih yang sedang berkontrasi dengan aktif.

5. Ulang semua langkah di atas, jika perlu, buatlah dorongan panggul untuk menghilangkan rasa kebelet pipis.

6. Selanjutnya, Anda hanya memiliki dua pilihan. Berjalan pelan-pelan ke kamar mandi jika memang ingin mengeluarkan pipis. Terus remas otot-otot dasar panggul dan fokuskan pikiran pada hal-hal selain kamar mandi. Atau, Anda bisa memilih menunda buang air kecil.

7. Hindari minuman tertentu (seperti kafein, alkohol dan jus jeruk). Minuman tersebut bisa mengiritasi kandung kemih dan memperburuk keadaan. Selain itu, hindari juga minum terlalu sedikit, karena bisa menyebabkan urin berwarna pekat gelap dan bisa mengiritasi kandung kemih.

Ikuti Terus Berita Tips dan Trik dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

 
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%