Karateka Cantik Asal Korea Selatan Ini Ternyata Mantan Bintang Reality Show K-Pop

Senin, 27 Agustus 2018 17:10 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Yonhap
Wong Ada, karateka Korea Selatan di Asian Games 2018. Copyright: © Yonhap
Wong Ada, karateka Korea Selatan di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Jika seorang atlet memulai karier dari klub olah raga sejak usia dini tentu itu wajar. Namun kisah karateka cantik asal Korea Selatan ini justru berbeda.

Wong Ada lebih dikenal sebagai bintang reality show "K-Pop Star" pada 2014 dengan kemampuan menyanyinya. Tak terbayang jika empat tahun kemudian remaja 17 tahun ini justru mewakili Korea Selatan di Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang lewat olah raga keras yakni karate.

Wong Ada memang belum meraih medali di ajang multi-event se-Asia ini. Bertanding di kategori Kata, dia harus menyerah kepada karakteka Jepang Kiyou Shimizu yang juga juara dunia dua kali dan juara bertahan Asian Games. Di perebutan medali perunggu Ada harus menyerah atas atlet Hong Kong Grace Lau Mo Sheng.

"Saya grogi saat berhadapan dengan seorang juara dunia seperti Shimizu. Saya berusaha yang terbaik namu dia terlalu tangguh," ujar Ada sebagaimana dilansir Koreaherald.

Bagaimana awalnya dari seorang bintang televisi beralih ke olah raga bela diri? Dia sendiri sudah menyukai dan belajar bela diri tersebut di usia enam tahun. Di acara reality show tersebut, yang mana dia nyaris menembus 10 besar, dia diperkenalkan sebagai 'gadis karate'.

Mewakili Korea Selatan, yang juga negara sang ibu, tentu membuatnya merasa bangga. Sang ayah yang asal Hong Kong tidak mempersoalkan anak gadisnya mewakili Korea Selatan.

"Orang tua saya hanya meminta saya melakukan yang terbaik. Ayah saya tidak banyak berkata-kata soal saya membela negara ibu saya," ungkap peringkat 163 dunia ini.

Target selanjutnya adalah sama seperti mayoritas atlet lainnya, yaitu berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020. Tentu akan menjadi motivasi sendiri terlebih Jepang adalah negara kelahiran karate.

Fajar/Rian Amankan Tiket Final Asian Games 2018

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

1