Dicoret dari SEA Games 2019 karena Alasan Janggal, Atlet Karate Curhat

Kamis, 21 November 2019 17:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Facebook/James de los Santos
Atlet karate Filipina, James de los Santos, dicoret dari SEA Games 2019. Copyright: © Facebook/James de los Santos
Atlet karate Filipina, James de los Santos, dicoret dari SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – Seorang karakteka asal Filipina, James de los Santos, mengeluarkan uneg-unegnya terkait dengan pencoretan namanya dari daftar atlet yang diturunkan di ajang SEA Games 2019 di Manila.

Pada hari Selasa (19/11/19), James de los Santos melalui akun resmi facebook-nya mempertanyakan keputusan Asosiasi Olahraga Nasional (NSA) Lembaga Karate Filipina (KPI) yang telah mencoretnya dari daftar timnas.

Pencoretan tersebut dirasakan sangat janggal karena diambil melalui sebuah evaluasi untuk Kata Senior Individual Putra tanggal 7 November 2019, hampir  berdekatan dengan waktu dimulainya ajang SEA Games 2019 pada 30 November 2019.

Padahal menurut peraturan resmi, evaluasi seharusnya sudah dilakukan sebulan sebelum para atlet bersiap menuju turnamen. Hal ini disesuaikan dengan batas waktu pelatnas menyerahkan daftar atlet SEA Games pada Oktober 2019.

“Saya bingung, evaluasi dilakukan sangat dekat jelang SEA Games,” tulis De Los Santos sebagaimana dikutip Rappler.

“Meski saya berusaha berpikir positif, saya sudah merasa saya kena blacklist dan evaluasi ini hanyalah cara mereka memberi tahu bahwa saya tidak termasuk di daftar SEA Games,” lanjutnya.

De Los Santos juga menekankan kejanggalan lainnya, yakni evaluasi diadakan secara tertutup dan panel yang hadir tidak memenuhi syarat di aturan internasional karena mereka hanyalah pelatih kumite.

Kebingungan De Los Santos sendiri sudah dirasakan sejak bulan Agustus silam. Kala itu dirinya diterlantarkan oleh pihak NSA dalam persiapan menuju acara olahraga se Asia Tenggara tersebut.

Hal ini membuatnya terpaksa mencari sponsor sendiri guna mendanai pelatihannya selama di Jepang karena pihak KPI tidak memberikan dukungan finansial terhadap dirinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%